09 Nov 2021, 07:06Kandungan

Keluar darah dari vagina, darah menstruasi atau selaput dara robek?

PI
Info Penanya: PI0
Assalamualaikum, dr saya mau bertanya teman saya kurang lebih 3-5 hari baru selesai menstruasi kemudian pacarnya memasukkan jarinya ukuran 3sentih kevagina teman saya, tidak lama dari memasukan jari teman sya mengalmi pendarahan berwana merah gelap dan bergumpal seperti darah haid, jadi yang saya mau tanyakan dok 1 Apakah teman saya itu mengeluarkan darah menstruasi atau memang ada sobekan dibagian vagina krna darahnya sperti darah haid dan apakah teman saya2masi perawan atau tidak dr ?
81 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat sore, PI.Keluarnya darah atau flek kecokelatan setelah haid dapat terjadi pada wanita. Hal ini bisa merupakan kondisi normal namun dapat juga disebabkan oleh adanya kelainan pada organ reproduksi. Akan kita bahas lebih lanjut tentang kondisi ini.

Penyebab keluar darah atau flek setelah selesai haid :

  • Sisa darah dalam rahim yang baru keluar setelah haid selesai. Biasanya darah akan berwarna lebih gelap dibanding darah menstruasi dan teksturnya menggumpal atau kental dibandingkan darah menstruasi.
  • Kondisi hamil
  • Memakai kontrasepsi atau KB hormonal
  • Mau memasuki fase menopause
  • Adanya kelainan penyakit pada kandungan seperti PCOS
Terkait dengan robekan selaput dara, normalnya selaput dara wanita sudah ada robekan kecil gunanya sebagai jalan keluarnya darah menstruasi. Bila selaput dara tidak ada robekan itu merupakan kondisi yang tidak normal. Selain hubungan seks (penis, jari, mainan seks) robekan selaput dara dapat terjadi karena olahraga, cedera atau trauma kecelakaan, peregangan terlalu ekstrim, pemeriksaan vagina. Tidak selamanya robekan selaput dara akan mengeluarkan darah, adapula kasus yang tidak mengeluarkan darah sama sekali. Untuk menentukan hal tersebut harus dilakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan.Anda juga dapat membaca forum tentang flek setelah menstruasi dan robekan selaput dara dibawah ini :Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Elsinda
kesehatan kandunganmenstruasirobekan himen vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil