Apakah bisa hamil jika ejakulasi di luar vagina?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Dok saya pms tgl 27 dok tapi saya berhubungan intim tgl 1 sama tgl 10 namun keluar di luar tapi tgl 21 saya pms dok tapi cuma 1 hari apakah saya bisa hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Banyak pasangan suami istri yang mengikuti program hamil untuk membantu mendapatkan keturunan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kehamilan bisa terjadi apabila ada sel sperma pria bertemu dengan sel telur wanita untuk dibuahi. Untuk itu, perlunya seorang pria melakukan ejakulasi di dalam vagina wanita untuk memudahkan sel spemanya bertemu dengan sel telur wanita. Selain itu, perlunya dilakukan hubungan seksual ketika wanita sedang dalam masa subur.

Untuk mengetahui masa suburnya wanita tersebut harus mengetahui siklus menstruasinya. Siklus menstruasi wanita dapat dihitung dari hari pertama menstruasi pada bulan ini sampai dengan hari pertama menstruasi pada periode berikutnya. Normalnya, siklus menstruasi wanita berkisar 21 - 35 hari dengan rata-rata wanita bersiklus 28 hari.

Adapun kondisi-kondisi yang bisa menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur selain karena kehamilan, yaitu:

  • Stres
  • Adanya maslaha terkait berat badan yang tidak ideal
  • Kelelahan
  • Adanya masalah hormon
  • Adanya masalah pada sistem organ reproduksi wanita
  • PCOS
  • Efek samping KB (suntik KB / pil KB)

Terkait dengan pertanyaan Anda, Untuk dapat memastikan apakah terjadi kehamilan atau tidak perlu dilakukan tes kehamilan. Apabila hasilnya samar-samar atau negatif, lakukan tes kehamilan ulang apabila siklus menstruasi Anda bulan ini mengalami keterlambatan (lebih dari 35 hari). Segera konsultasikan dan periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan USG kehamilan bila siklus menstruasi masih belum lancar.

Beristirahatlah dengan cukup, hindari stres dan juga kelelahan, jaga berat badan agar ideal, konsumsilah makanan sehat dan bergizi serta lakukan olahraga rutin.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu bagian sensitif Mr P adalah batangnya

Ketahui Bagian Sensitif Mr P agar Hubungan Makin Hot

Menurut penelitian, ada tiga bagian sensitif Mr P, yakni batang penis, skrotum, dan perineum. Di samping itu, ada pula bagian-bagian sensitif lainnya dalam tubuh pria.