Sudah melahirkan dan tidak menggunakan KB apakah bisa hamil?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 20 Tahun
Dok saya mau tanya , Kalo sudah punya anak satu terus ga kb , terus hubungan seks sama suami tapi ga pernah keluar didalem dok apa itu bisa hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang S,

Apabila sudah memiliki satu anak dan tidak menggunakan KB lalu melakukan hubungan seksual secara teratur bisa menyebabkan kehamilan.

Metode KB alami sendiri yang dilakukan seperti tidak melakukan ejakulasi di dalam atau istilahnya coitus interuptus memang cukup efektif tetapi bisa terjadi kehamilan apabila selama melakukan hubungan seksual ada cairan preejakulasi yang bisa terdapat sel sperma sehingga kemungkinan untuk hamil dapat terjadi.

Pemilihan metode kontrasepsi

Apabila masih ingin menunda untuk memiliki anak kedua, ada baiknya menggunakan salah satu metode kontrasepsi. Beberapa metode kontraspesi yang bisa dipilih diantaranya adalah:

  • KB suntik, bisa dipilih KB suntik 1 bulan sekali atau 3 bulan sekali
  • Pil KB
  • KB implan
  • IUD atau Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR)
  • Kondom

Pemilihan metode kontrasepsi sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan, kelebihan dan kekurangan masing-masing metode kontrasepsi dan juga durasi kapan ingin kembali hamil. Perlu perhatikan juga efek samping yang bisa ditimbulkan oleh metode kontrasepsi.

Anda bisa berkonsultasi dan memeriksakan diri pada bidan ataupun pada dokter mengenai alat kontrasepsi yang sesuai digunakan untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Morning after pill bukanlah obat aborsi. Cara kerjanya juga sangat jauh berbeda.

Morning After Pill, Pil Kontrasepsi "Darurat" untuk Suami-Istri

Levonorgestrel, atau yang sering disebut morning after pill, dianggap sebagai pil kontrasepsi “darurat”, yang hanya boleh diminum setelah berhubungan seksual tanpa pengaman. Pil ini tidak boleh rutin dikonsumsi.