10 Jan 2021, 17:45Kandungan

Kapan mual muntah tanda sebuah kehamilan terjadi ?

ER
Info Penanya: ER0
Selamat sore dok, saya ingin bertanya untuk pertanda (mual, muntah2) pasangan kita sedang hamil atau tidak itu berapa lama ya dok setelah melakukan hubungan intim?
275 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, E.Setelah berhubungan intim salah satu hal yang dinantikan adalah kehamilan. Proses kehamilan yang sulit didapatkan terutama bagi pasangan yang sangat ingin memiliki keturunan, memberikan rasa cemas dan bahagia jika wanita mengalami telat datang bulan yang diikuti dengan tanda kehamilan lainnya. Tanda kehamilan yang dapat dirasakan selain telat haid adalah rasa mual, dan muntah yang dirasakan sepanjang hari namun lebih berat saat pagi hari.

Kapan mual muntah tanda sebuah kehamilan terjadi ?

Alur proses terjadinya kehamilan yang sangat panjang, dimana diawali dengan hubungan seksual terutama saat masa ovulasi, membuat sperma sehat dari tubuh pria membuahi sel telur yang telah matang di tuba falopi. Hasil dari pembuahan ini akan membentuk sebuah zigot dalam waktu 24 jam atau 1 hari saja, yang kemudian akan berpindah tempat sebagai bakal janin ke dalam dinding rahim dalam waktu 5 hingga 10 hari, dan terjadi penempelan. Setelah proses implantasi janin di dinding rahim, maka tubuh akan mengeluarkan suatu hormon HcG yaitu hormon kehamilan yang akan memberikan tanda yang positif pada pemeriksaan test pack urin. Hormon HcG yang terus meningkat secara signifikan terutama saat trimester awal kehamilan menimbulkan rasa mual, muntah, sepanjang hari terutama dipagi hari, sehingga dapat menyebabkan ibu hamil kekurangan cairan. Mual muntah ini biasanya terjadi saat usia kehamilan memasuki 6 minggu namun dapat berbeda-beda di tiap ibu hamil. Bahkan tak jarang banyak ibu hamil yang tidak mengalami mual dan muntah.Jadi jika setelah Anda dan pasangan berhubungan seksual, dan terjadi telat menstruasi, walau tidak diikuti dengan tanda kehamilan yang lain, seperti mual muntah, segera lakukan pemeriksaan urin menggunakan test pack, atau segera konsultasi ke dokter spesilis kandungan.Semoga beramnfaat.Salam sehat.dr. Lidya hapsari. 
tes kehamilanmorning sicknessmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil