Pertanda apakah nyeri perut bagian kanan bawah?

IN Info Penanya: IN, Pria, 19 Tahun
Assalamualaikum dokter. Sudah hampir 3 Minggu ini saya nyeri perut sampe cuma bisa nyaman dalam posisi meringkuk. 2minggu awal sakit di perut bawah kanan dan perut tengah bawah. Seminggu ini nyerinya pindah ke sebelah kiri. Setiap nyeri datang kaki juga ikut ngilu. Dan sakitnya sampe ke pinggang belakang. Apakah itu gejala batu ginjal ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, IN.

Perut dengan beberapa areanya mempunyai banyak organ di dalamnya. Jika terasa nyeri, dapat mengindikasikan adanya sesuatu yang janggal pada organ pada area tersebut. Namun jika dalam kasus yang lama, nyeri dapat menjalar di berbagai area. Beberapa hal yang menyebakan nyeri perut bagian kanan bawah yaitu:

  1. Usus buntu. Nyeri biasanya terjadi mendadak dan penderita merasakan sakit yang sangat. Dapat disertai demam serta mual muntah. Dokter akan memastikan terlebih dahulu apakah penyebab sakit perut dikarenakan usus buntu. Jika sudah pasti, perlu tindakan pembedahan untuk mengangkat usus buntu yang meradang.
  2. Infeksi salurah kemih. Saluran kemih termasuk ginjal, ureter, dan kandung kemih dapat terkena infeksi bakteri yang menyebabkan penderitanya mengalami nyeri perut kanan dan dapat menjalar sampai pinggang belakang. Penderita juga merasakan nyeri saat berkemih, kencing panas, bahkan demam. Namun, banyak juga kasus yang tidak menimbulkan gejala berarti. 
  3. Batu saluran kemih. Adanya batu pada ginjal dan ureter menimbulkan nyeri perut dan rasa pegal di pinggang. Pada beberapa kasus, pasien dapat mengeluarkan batu- batu kecil seperti pasie saat berkemih. Batu ginjal dapat dipastikan dengan melakukan rontgen. 
  4. Radang usus. Gejala dapat disertai dengan demam, mual, diare, feses disertai darah.
  5. Hernia atau usus turun. biasanya ditandai dengan adanya benjolan di perut yang kadang timbul bahkan dapat menetap.

Kasus dengan nyeri perut yang menimbulkan penjalaran sampai pinggang umumnya memerlukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh Dokter. Bahkan beberapa memerlukan pemeriksaan laboraturium dan rontgen. Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Untuk meredakan nyeri, Anda dapat melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Mengompres air hangat di bagian yang nyeri
  • Minum air putih minimal dua liter per hari
  • istirahat
  • Tidak memijat atau mengurut bagian yang sakit
  • Jika diperlukan, Anda dapat mengonsumsi paracetamol atau ibuprofen untuk meredakan nyeri.

Semoga lekas membaik.

Salam Sehat.

 

dr. Riani AZ

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Darah pada urine tidak selalu terlihat dengan kasat mata, kadang-kadang dibutuhkan pemeriksaan laboraturium

Awas, Terlalu Keras Berolahraga Bisa Jadi Penyebab Kencing Berdarah

Penyebab kencing berdarah bisa beracam-macam, dari kondisi yang tidak serius hingga penyakit berbahaya. Kencing berdarah disebut hematuria dan keberadaan darah tersebut ada yang terlihat serta ada yang tidak terlihat.