19 Sep 2020, 00:37Infeksi

Sakit perut setelah makan pedas, apa penyebabnya?

FN
Info Penanya: FN, Wanita, 26 Tahun
Dok mau tanya, saya sering sekali makan pedas dalam level pedas sampai pedas banget dan tidak pernah merasakan efek apapun tetapi satu minggu ini makan sambel tiba tiba perut saya rasanya sakit seperti terbakar, kenapa ya dok?
2654 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, FTerima kasih atas pertanyaan AndaMakanan pedas umunnya terbuat dari beberapa bahan dan rempah yang mengandung cabai. Pada cabai, terdapat suatu zat yang disebut dengan capsaicin. Ketika capsaicin ini mengenai  perlukaan lidah, kerongkongan, lambung ataupun mukosa organ saluran pencernaan lain akan memberikan sinyal nyeri kepada otak, sehingga timbul rasa pedas, perih dan atau panas ketika mengonsumsi cabai. Normalnya, ketika mengonsumsi cabai lambung akan mengeluarkan lendir sebagai proses melindungi lambung dari iritasi. Namun, ketika kondisi ini berulang (sering mengonsumsi makanan pedas) efektifitas lendir tersebut akan berkurang. Sehingga, dapat menyebabkan adanya gangguan pencernaan.

Beberapa masalah pencernaan yang terjadi ketika mengonsumsi makanan pedas di antaranya adalah:

Terkait dengan kondisi Anda, alangkah baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis panyakit dalam terdekat agar dilakukan pemeriksaan sehingga Anda mendapatkan pengobatan dan tatalaksana yang sesuai.

Tindakan sementara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri perut adalah:

Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
asam lambungdiarepencernaanmasalah pencernaansakit peruttukak lambung
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil