Pertama kali berhubungan disertai berbagai gejala, apakah hamil ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 23 Tahun
Dok saya ingin berdaya, knp ya saya merasakan pusing, mual hingga muntah, sakit dada, sakit pinggang secara bersamaan dok? Apakah saya hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Pertama kali berhubungan disertai berbagai gejala setelahnya dapat menandakan kehamilan, namun tidaklah mutlak. Tanda awal kehamilan sendiri umumnya ditandai dengan keterlambatan haid. Akan tetapi, keterlambatan haid pun bukanlah tanda pasti kehamilan karena dapat terjadi karena berbagai faktor. 

Adapun berbagai tanda awal kehamilan lainnya, seperti :

  • morning sickness (mual muntah yang umumnya terjadi di pagi hari)
  • perubahan pada payudara
  • timbulnya kram perut dan flek
  • adanya keputihan

Mengenai keluhan pusing, mual muntah, sakit dada dan sakit pinggang yang Anda alami secara bersamaan, mungkin disebabkan oleh kehamilan jika disertai dengan keterlambatan haid. Untuk memastikannya Anda dapat melakukan test pack pada keterlambatan haid yang sudah melebihi 10 hari dan mengulanginya setelah satu minggu dari pemeriksaan pertama agar lebih akurat. Namun apabila tidak disertai keterlambatan haid, mungkin keluhan yang Anda alami disebabkan oleh gangguan asam lambung atau sakit maag.

Untuk sementara, Anda dapat mengonsumsi vitamin B6 guna mengurangi keluhan mual yang dialami. Hindari konsumsi makanan pedas dan berminyak karena dapat memperburuk gejala dan sulit untuk dicerna. Anda pun dapat mengompres bagian dada dan pinggang yang nyeri menggunakan air hangat. Jika keluhan berkelanjutan, ada baiknya untuk diperiksakan ke dokter terdekat.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AR
23 Jul 2020, 13:03
Dijawab ga prtnyaannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
24 Jul 2020, 07:29
Selamat pagi, A
Bila terdapat pertanyaan seputar kesehatan, Anda bisa mengajukan pertanyaan di Forum SehatQ.
Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pertumbuhan janin terhambat (PJT) bisa diantisipasi melalui pemeriksaan kehamilan secara rutin

Apa Saja Kondisi Ibu Hamil yang Jadi Penyebab Janin Tidak Berkembang?

Intrauterine Growth Restriction (IUGR) atau yang dikenal dengan Pertumbuhan Janin Terhambat (PJT) disebabkan oleh janin yang tidak mengalami pertumbuhan sesuai usia kandungan ibu dan mengakibatkan berat badan bayi lahir rendah.