Berhubungan badan pertama kali tapi tidak berdarah, apa masih perawan?

IS Info Penanya: IS, Wanita, 22 Tahun
Dokter, saya mau bertanyaApakah jika pertama kali berhubungan badan tetapi si wanita tidak berdarah itu menandakan sudah tidak perawan?Karena suami saya berfikir dan curiga kalau saya sudah tidak perawan saat pertama kali berhubungan badan. Padahal saya sebelum nya belum pernah melakukannyaMohon di jawab ya dok..,Apakah ada alat atau tes untuk meriksa hal yg seperti itu?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, IS.
Terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Perawan adalah istilah yang digunakan untuk menyebut wanita yang belum pernah berhubungan badan. Masih banyak orang yang mengaitkan keperawanan dengan selaput dara, atau tidak keluar darah saat malam pertama. 

Semua wanita memiliki selaput dara. Bentuk dan ukuran selaput dara tiap wanita berbeda, dan selaput dara sesungguhnya tidak betul-betul menutupi lubang vagina, tetapi memiliki lubang yang berbentuk seperti bulan sabit. Darah menstruasi pun mengalir melalui lubang itu. 

Saat pertama kali berhubungan badan, penis akan melalui selaput dara untuk bisa masuk ke dalam liang vagina. Nah, selaput dara adalah organ yang elastis, sehingga ia bisa saja tidak sobek dan berdarah ketika penetrasi. Faktanya, hanya 40% wanita yang mengalami perdarahan saat malam pertama.

Untuk memeriksa selaput dara, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Prosedur pemeriksaan selaput dara adalah sebagai berikut:

  • Membuka celana dan berbaring dalam posisi litotomi (kedua kaki terbuka lebar seperti sedang melahirkan)
  • Dokter akan melakukan rectal touche, yaitu memasukkan jari ke dalam dubur
  • Jari ditekan ke arah depan untuk mendorong agar selaput dara tampak dari liang vagina
  • Dokter akan mengamati selaput dara (bentuk dan sobekannya)

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Susah orgasme pada wanita dapat berdampak pada hubungan seksual dengan pasangan

Tidak Hanya Pria, Susah Orgasme Juga Bisa Melanda Wanita

Masalah susah orgasme tidak hanya dialami oleh kaum Adam saja, faktanya, kaum Hawa juga dapat merasakan susah orgasme. Susah orgasme atau anorgasmia bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti fisik, psikologis, dan hubungan dengan pasangan.