23 Jul 2021, 21:30Kandungan

Apakah persalinan yang dirujuk tertanggung KIS?

AD
Info Penanya: AD0
Dok, saya mau tanya... Kalau proses persalinan normal di Puskesmas namun ada kendala saat bayi lahir namun Ari" sibayi tidak keluar bahkan harus dirujuk ke RS yg memungkinkan untuk bisa menangani. Apakah biaya tersebut bisa di tanggung oleh kartu peserta kis.
284 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, ADTerima kasih atas pertanyaannya.Proses persalinan pada ibu hamil dapat berlangsung secara normal ataupun melalui operasi.  Hal ini bergantung pada kondisi ibu saat mendekati persalinan. 

Tahapan persalinan normal :

  • Dimulai dari kontraksi yang teratur semakin lama jaraknya semakin dekat dimana hal ini merupakan tanda rahim sudah mempersiapkan untuk kelahiran.
  • Mengejan dan pengeluaran bayi.
  • Pengeluaran plasenta.
Tidak keluarnya ari-ari atau plasenta secara alami setelah 30 menit kelahiran maka dinamakan sebagai retensi plasenta.  Plasenta yang tidak dikeluarkan dapat menimbulkan infeksi, perdarahan hebat hingga berpotensi fatal pada ibu melahirkan.  Penanganan retensi plasenta ini antara diberikan obat-obatan tertentu, tindakan manual hingga pilihan operasi.    KIS dapat digunakan untuk pemeriksaan kehamilan dan persalinan.  Saat ini KIS untuk kehamilan dan persalinan diarahkan ke puskesmas atau bidan yang bekerja sama.  Ketika ada kondisi darurat atau kehamilan dan persalinan risiko tinggi maka akan dirujuk oleh puskesmas ke dokter spesialis kandungan di rumah sakit. Jadi jika dilakukan rujukan persalinan oleh puskesmas maka tindakan tersebut termasuk kondisi darurat.  Kondisi darurat yang dirujuk Rumah Sakit akan tetap tertanggung oleh KIS.  Lakukan konfirmasi dengan bagian administrasi rumah sakit terkait informasi dan apakah ada tambahan kelengkapan berkas yang dibutuhkan.   Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
bpjs kesehatanbpjs ibu hamilpersalinanretensi plasenta
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil