12 Jan 2021, 16:20Kandungan

Apakah persalinan dengan operasi sesar dapat meggunakan kartu KIS ?

SL
Info Penanya: SL0
Selamat sore dok , saya ingin bertanya dok tadi sya usg dokter usg bilang bahwa di kandungan saya ada kantong cairan dan kemungkinan oprasi sesar dan sya tidak punya bpjs dok yang saya punya hanya kis , apakah kis bisa membantu biyaya oprasi sesar dok ? Layaknya bpjs
224 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, S.Persalinan dapat terjadi secara normal ataupun melalui operasi sesar karena kondisi medis tertentu seperti berat badan janin terlalu besar, kondisi panggul ibu sempit, janin kembar, posisi janin sungsang atau melintang, letak plasenta yang menutupi jalan lahir. Selain itu, persalinan juga dapat melalui operasi sesar jika Ibu tidak kuat mengedan dan menahan rasa sakit saat persalinan sehingga pembukaan persalinan tidak maju-maju.

Apakah persalinan dengan operasi sesar dapat meggunakan kartu KIS ?

Kartu KIS merupakan program jaminan kesehatan yang diberikan pemerintah kepada rakyat dimana biaya sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah. Kartu KIS ini dikelola oleh BPJS. Kartu KIS sama fungsinya dengan kartu BPJS kesehatan dengan iuran mandiri, dan dapat digunakan untuk persalinan operasi sesar atas indikasi medis. Namun perlu diperhatikan bahwa kartu KIS dalam kondisi yang aktif, dan dapat digunakan. Untuk itu, Anda dapat mengecek fungsi kartu tersebut dengan mengunduh aplikasi BPJS di handphone Anda, masukkan nama dan nomor kartu yang tertera, maka akan muncul status kartu, dan fasilitas kesehatan yang harus Anda tuju. Anda dapat mengubungi kantor BPJS secara online atau datang langsung untuk infromasi lebih lanjut.Jika selama menunggu persalinan keluar cairan dari vagina baik air ketuban, darah, lendir, diikuti dengan rasa mulas yang terus menerus, bertambah sering, segera datang langsung ke rumah sakit. Jangan lupa menjelang persalinan Anda harus tetap kontrol perkembangan janin melalui USG di dokter spesialis kandungan. Jaga kesehatan Anda dan janin dengan selalu makan makanan yang bergizi seimbang, olahraga teratur terutama senam hamil, minum yang cukup, dan tak lupa untuk konsumsi vitamin.Semoga bermnafaat.Semoga persalinan berjalan dengan lancar.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.  
menjaga kehamilanbpjs ibu hamilpersalinan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil