Apakah Kartu Indonesia Sehat (KIS) bisa digunakan untuk melahirkan?

AC Info Penanya: AC, Wanita, 22 Tahun
Slmt siang,saya mau bertanya apakah kartus kis bisa digunakan untuk persalinan?dan apa saja syarat yang di butuhkan untuk menggunakan kis di puskesmas saat melahirkan terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam AC,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kartu Indonesia Sehat (KIS) merupakan salah satu jaminan kesehatan yang diterbitkan oleh Presiden Jokowi untuk membantu masyarakat kurang mampu. Kartu Indonesia Sehat bisa di gunakan di klinik, puskesmas dan rumah sakit yang bekerja sama dengan pemerintah. Masyarakat yang terdaftar di Kartu Indonesia Sehat tidak perlu membayar karena pembayarannya di subsidi oleh pemerintah.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, Kartu Indonesia Sehat bisa di gunakan untuk melahirkan. Namun sebaiknya Anda mencari tahu lebih lanjut ke klinik atau rumah sakit terkait mengenai kelengkapan yang harus dipersiapkan. Saya sarankan juga untuk mengurus Kartu Indonesia Sehat bayi Anda setelah lahir, agar jika terjadi sakit akan lebih mudah untuk berobatnya.

Selama kehamilan selalu jaga kondisi kesehatan Anda, perhatikan asupan makan yang dimakan, perbanyak sayur dan buah, cukupi kebutuhan air putih minimal 2-3 liter / hari, istirahat cukup minimal 6-8 jam /hari, jangan lupa konsumsi suplemen tambahan seperti asam folat dan zat besi dan kontrol teratur ke bidan atau dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Usia hamil 34 minggu mungkin menyebabkan gejala seperti kelelahan, susah tidur, dan sesak napas

Apa Saja yang Terjadi Saat Hamil 34 Minggu?

Usia hamil 34 minggu adalah usia yang paling penting bagi ibu hamil dikarenakan pertumbuhan janin yang mungkin akan menyebabkan gejala menjelang persalinan.