30 Dec 2020, 17:26Kandungan

Cara mengurus persalinan sesar menggunakan kartu KIS di luar daerah

HK
Info Penanya: HK0
Dok saya mw nanya, klo untuk mengurus persalinan (cesar) menggunakan layanan kartu KIS di luar daerah, persyaratannya gmna, ap aj yg perlu di persiapkan. Trmakasi
4411 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, H.Persalinan yang akan berlangsung setelah Ibu hamil mengandung kurang lebih 40 minggu lamanya merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu terutama jika Anak yang dikandung merupakan anak pertama dimana usaha untuk mendapatkan anak dengan tidak mudah. Berbagai usaha yang dapat dilakukan untuk mendapatkan anak mulai dari menerapkan pola hidup sehat, menjaga kesuburan dengan mengkonsumsi vitamin, kontrol ke doker kandungan berulang kali, bahkan tak sedikit pula pasangan yang menjalankan program bayi tabung.

Persalinan sebaiknya normal atau persalinan sesar ?

Setiap ibu hamil memang dapat memilih ingin melahirkan dengan cara yang alami dengan menunggu saatnya untuk persalinan atupun persalinan dengan sesar. Namun hal ini sebaiknya atas indikasi medis. Misalnya saat seorang ibu yang tidak bisa melahirkan secara normal karena tekanan darah yang tinggi, kondisi panggul yang sempit, janin dengan posisi sungsang ataupun persalinan yang tidak maju-maju walau kontraksi terus dirasakan.

Cara mengurus persalinan sesar menggunakan kartu KIS di luar daerah

Persalinan sesar atas indikasi medis dapat ditanggung sepenuhnya oleh BPJS walau kartu KIS yang ada merupakan kartu KIS domisili luar kota. ini biasanya dikarenakan saat Ibu sudah pindah alamat ikut dengan suami yang berkerja, pindah kartu keluarga, ataupun ingin melahirkan dekat dengan orang tua kandung. Cara mengurus persalinan sesar menggunakan kartu KIS di luar daerah antara lain :
  • Buat surat pengantar kunjungan fasilitas kesehatan (faskes) dari kantor BPJS kota asal untuk melahirkan di luar kota dimana hal ini juga harus sesuai prosedur dengan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu di dokter kandungan daerah asal.
  • Buat keterangan domisili dimana Anda dan pasangan tinggal saat ini dari RT maupun RW setempat.
  • Tentukan fasilitas kesehatan yang akan dituju untuk melakukan proses persalinan.
  • Kembali datang ke kantor BPJS tempat domisili Anda sekarang dengan membawa surat pengantar kunjungan fasilitas kesehatan (faskes) dari kantor BPJS kota asal dan surat keterangan domisili saat ini.
  • Setelah itu, jika akan melakukan persalinan menggunakan kartu KIS, bawa surat pengantar dari BPJS, kartu KIS, dan KTP untuk diberikan ke fasilitas kesehatan yang dituju.
Anda juga dapat menanyakan lebih lanjut di kantor BPJS ataupun layanan online BPJS. Selama menunggu persalinan Anda harus menjaga kondisi Ibu dan janin dengan menerapkan pola hidup sehat, minum vitamin selama kehamilan, selalu observasi gerak janin. Jika ada perdarahan banyak atau disertai dengan lendir dari vagina, diikuti rasa seperti ingin BAB yang teratur dan bertambah, segera ke RS terdekat.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
bpjs ibu hamilpersalinanpemeriksaan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil