Apakah normal keputihan pasca berhubungan intim?

FF Info Penanya: FF, Pria, 25 Tahun
Permisi dok saya mau tanya dok, setelah saya bersama istri menikah kurang lebih satu Minggu, setiap hari melakukan hubungan intim, pada hari ke 5 melakukan hubungan istri saya mengalami keputihan dan mengeluarkan bau bangkai tapi tidak gatal. Seharusnya Minggu ini istri saya datang bulan, apakah itu berpengaruh ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, F.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Keputihan adalah keluarnya cairan dari vagina dan ini hal yang wajar terjadi pada setiap wanita. Namun, bisa menjadi hal yang tidak wajar jika keputihan terjadi setelah berhubungan seksual dan dirasa berbeda dari keputihan pada biasanya. Pada umumnya, keputihan setelah berhubungan seks mengindikasikan bahwa terjadi infeksi. 

Beberapa penyebab yang membuat wanita mengalami keputihan setelah berhubungan seks, yaitu:

  • Bacterial vaginosis. Akibat dari berkembang biaknya bakteri di vagina secara berlebihan karena pengaruh dari ketidakseimbangan pH di vagina.
  • Infeksi jamur. 
  • Infeksi menular seksual. Yang termasuk infeksi menular seksual yaitu klamidia, trikomoniasis, dan gonore.

Selain karena penyebab diatas, ada faktor lain yang menyebabkan keputihan yaitu siklus menstruasi, perubahan hormon, kontrasepsi, dll. Untuk memastikan apakah keputihan yang istri Anda alami ini merupakan hal yang normal atau tidak, Anda bisa melihat seberapa banyak keputihan yang keluar. Normalnya, keputihan yang keluar sebanyak satu sendok teh dalam satu hari, berwarna bening atau putih susu, dan tidak berbau. Jika terlihat tidak normal, sebaiknya segeralah membawa istri Anda ke dokter kandungan agar dilakukan pemeriksaan secara langsung mengenai keluhannya saat ini sehingga dapat diberikan terapi yang tepat sesuai penyebabnya. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab keputihan gatal adalah infeksi jamur, vaginosis bakteri, serta trikomoniasis

Untuk Para Wanita, Kenali Penyebab Keputihan Gatal Ini!

Keputihan yang terasa gatal tentu sangat menyiksa bagi para kaum hawa. Gangguan kesehatan ini disebabkan oleh infeksi jamur, vaginosis bakteri, serta trikomoniasis. Selain itu, keputihan juga mengakibatkan penyakit menular seksual, menopause, penebalan kulit, dan paparan bahan kimia tertentu.