Apa dampak pernikahan dengan satu keturunan keluarga?

WI Info Penanya: WI, Wanita, 30 Tahun
Malam dok, saya mau bertanya mengenai pernikahan. Saya sedang menjalin hubungan dengan cucu dari adiknya kakek saya. Singkat cerita kakek saya mempunyai adik laki laki, saya cucu dari kakek saya dan pacar saya cucu dari adiknya si kakek saya. Bolehkah saya nikah dengan pacar saya? Bagaimana menurut ilmu kedokteran karna berkaitan dengan keturunan.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, WI.

 

Perkawinan sedarah atau incest adalah sebuah perkawinan yang dilakukan oleh dua orang individu terkait erat dengan garis keturunan yang masih dalam satu keluarga. Hal ini sebaiknya dihindari karena perkawinan sedarah pada umumnya akan berdampak sangat buruk untuk garis keturunan berikutnya.

Perkawinan sedarah akan menyebabkan terjadinya kekurangan variasi DNA sehingga akan berdampak buruk bagi kesehatan dan kemungkinan terkenanya penyakit genetik seperti infertilitas, serta cacat bawaan lahir.

Dimana cacat bawaan lahir yang dapat terjadi seperti hal dibawah ini:

  1. Wajah menjadi asimetris.
  2. Bibir sumbing.
  3. Berat badan bayi lahir rendah.
  4. Gangguan jantung misalnya penyakit jantung bawaan.
  5. Kekerdilan tubuh padahal usia sudah dewasa.
  6. Proses pertumbuhan lambat.
  7. Hemofilia.
  8. Albino.
  9. Sistem kekebalan tubuh melemah.

Oleh karena itu saran saya coba dipertimbangkan kembali untuk jalan yang terbaik bagi Anda, sebab bukan Anda yang akan mengalami masalah namun garis keturunan Anda berikutnya yang berisiko tinggi mengalami cacat bawaan lahir yang serius.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Panggilan sayang untuk pasangan bisa menunjukkan rasa cinta

Panggilan Sayang untuk Pasangan, Si Penanda Keharmonisan

Panggilan sayang untuk pasangan ternyata pertanda baik untuk hubungan percintaan. Sebab, ini menjadi salah satu ciri kedekatan emosional antara keduanya.