Bila leher ditekan jadi susah bernapas apa normal?

AP Info Penanya: AP, Pria, 21 Tahun
Mau nanya dok kalo leher tertekan dan membuat hasil nya pernapasan menjadi terhambat itu kenapa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AP,

Leher adalah bagian yang menghubungkan hidung hingga ke paru-paru, tentunya adanya masalah pada leher bisa menimbulkan keluhan sesak napas, karena udara tidak dapat mengalir dengan lancar.

Di dalam leher terdapat saluran bernama laring yang menghubungkan hidung dengan trakea atau saluran napas yang ada di paru-paru. Otomatis bila ada trauma atau tekanan pada leher, maka laring ini juga akan ikut tertekan dan menutup saluran napas, sehingga kadar oksigen berkurang dan timbul keluhan sesak napas.

Selain itu, di leher juga terdapat pembuluh darah besar yang tidak boleh ditekan-tekan sembarangan karena dapat mengakibatkan kematian. Sebaiknya hindari bercanda yang melibatkan area leher.

Selain itu, adanya abses mandibula, angina ludovici, difteri juga dapat mengakibatkan sumbatan jalan napas, sehingga muncul keluhan sesak napas yang bisa berakhir dengan gagal napas bila penanganannya terlambat.

Bila ada keluhan sesak napas yang berkelanjutan, ada pembengkakan di leher, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter atau Rumah Sakit terdekat.

Sementara leher jangan ditekan-tekan atau bila teraba benjolan bisa dikompres dengan air hangat.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Individu yang menyaksikan kejadian traumatis rentan mengalami anxiety disorder

Apa Itu Anxiety Disorder? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Anxiety disorder adalah rasa cemas dan takut yang berlebihan terhadap suatu hal atau objek. Beberapa penyebabnya,yaitu : genetik dan biologis, kondisi medis, obat-obatan, dsb.