Sering keluar ingus jika terpapar debu

MZ Info Penanya: MZ, Wanita, 26 Tahun
Assalamualaikum dok.saya Sarmini susanti umur 26th saya sering bgt setiap terpapar debu lngsng bersin2 hbis itu ingus lngsng kluar trs dengan warna yg bening trs.Mlm menjelang pagi atau pagi hari pun juga begitu pdhal ndk terpapar debu itu kenapa ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore MZ,

Debu adalah salah satu alergen yang banyak ditemui dan bisa menimbulkan reaksi alergi seperti ruam pada kulit, ataupun reaksi pada saluran pernapasan seperti batuk, hidung berair ataupun sesak napas.

Apabila sering pilek atau hidung tersumbat, bisa terjadi yang disebut dengan rhinitis atau adanya peradangan pada mukosa hidung, dimana bisa disebabkan salah satunya oleh reaksi alergi seperti paparan debu.

Cara mengatasi hidung berair

Kondisi rhinitis ini memang akan sering kambuh terlebih jika seringkali terpapar dengan alergen seperti debu. Untuk itu perlu dilakukan beberapa upaya seperti:

  • Hindari paparan alergen
  • Gunakan masker jika berada diluar ruangan ataupun ruangan yang berdebu, ruangan dengan suhu dingin ataupun banyak asap rokok
  • Sering bersihkan ruangan agar bebas dari alergen
  • Bersihkan hidung dengan larutan garam atau cairan saline
  • Gunakan obat antihistamin jika keluhan lebih berat
  • Konsumsi vitamin seperti vitamin C

Jika keluhan sering timbul dan mengganggu, ada baiknya periksakan diri pada dokter spesialis THT terlebih jika timbul nyeri kepala, nyeri wajah, hidung tersumbat dan keluhan lain yang bisa mengarah pada infeksi sinus atau sinusitis.

Jaga juga kondisi tubuh dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan perilaku hidup bersih agar bisa terhindar dari pemicu gejala. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Panduan cara pakai masker yang benar yang dianjurkan

Sisi Berwarna Hijau atau Putih, Bagaimana Cara Pakai Masker Yang Benar?

Masker yang digunakan banyak orang untuk menghindari paparan virus dan bakteri penyebab penyakit memiliki dua sisi berbeda, yaitu sisi berwarna hijau dan sisi berwarna putih. Sudah tahukah Anda cara pakai masker yang benar?