24 Sep 2020, 10:26Kandungan

Bagaimana siklus haid yang normal?

DH
Info Penanya: DH, Wanita, 31 Tahun
Pagi dok,haid sy selalu teratur setiap bln,tgl haid selalu maju 3 hr dr tgl haid sblmnya,1Juli haid,27juli haid & 24Agst haid,diantara tgl haid 27Juli ke 24Agst sy spotting di luar tgl menstruasi,cuma flek coklat sedikit selama 2 hr,krn terakhir haid sy tgl 24Agst hrsnya haid slnjtnya tgl 21Sept,tp smpai tgl 24 sy blm haid,tgl 5sept sy keluar darah sedikit² tp 5 hr baru selesai,kadang perut jg terasa kram tp tdk sesakit kram haid,perut jg terasa spt asam lambung naik jd mual,tespek tp negatif
615 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, DTerima kasih atas pertanyaan AndaSiklus haid secara normal yaitu 21 - 35 hari. Siklus haid ini dapat dihitung mulai dari hari pertama haid terakhir (HPHT) hingga hari pertama haid kembali. Haid terjadi pada wanita salah satunya dikarenakan adanya peran hormon reproduksi wanita. Oleh sebab itu, setiap wanita mempunyai siklus haid yang berbeda-beda.Lamanya proses haid terjadi secara normal selama 3 - 7 hari. Perdarahan ketika sedang haid bisa berupa flek (bercak), cair kekentalan atau bahkan gumpalan.

Keadaan yang mempengaruhi siklus haid adalah:

  • Stres, kelelahan, emosi yang tidak stabil
  • Perubahan berat badan mendadak
  • Gangguan hormon dalam tubuh, seperti pada polycystic ovary syndrome (PCOS)
  • Adanya kondisi medis / penyakit pada organ reproduksi wanita
  • Efek samping dari penggunaan obat, ataupun penggunaan KB
Jika HPHT Anda 01/07/2020 kemudian haid kembali pada 27/07/2020 siklus Anda 27 hari, kemudian pada HPHT 27/07/2020 sampai dengan 24/08/2020 siklus anda 29 hari. Bila sampai dengan saat ini 24/09/2020 belum haid kembali, bila dihitung sudah 32 hari.Apabila siklus haid sudah lebih dari 35 hari Anda belum haid, maka salah satu kemungkinan penyebabnya adalah keadaan yang telah disampaikan di atas. Terkait dengan keluhan rasa tidak nyaman pada perut seperti perut kembung, mual, asam lambung naik, bisa juga disebabkan salah satunya oleh adanya masalah pada saluran pencernaan. Lakukan konsultasi kepada dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan wawancara mendis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang agar dapat  mengetahui penyebab pasti dari keluhan-keluhan Anda. 

Lakukan tips berikut agar siklus haid lancar:

Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A 
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil