09 Feb 2021, 06:49Kandungan

Pernah operasi endometriosis, lalu sekarang sulit hamil

DA
Info Penanya: DA, Wanita0
Halo Dok ... saya M , berusia 25tahun , tahun 2018 lalu saya sempat operasi endometriosis dgn cara operasi laparotomi . Sekarang saya sudah menikah , tetapi mengapa saya tdk kunjung hamil dok ? Saya jd sedih dok , apakah saya harus minum obat penyubur atau bagaimana dok? Mohon info nya dok terimakasih banyak ??
277 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, DAP.Hamil adalah kondisi ketika seorang ibu mengandung janin di dalam rahimnya. Mayoritas wanita yang sudah menikah tentu menginginkan kehamilan, karena nantinya akan hadir seorang buah hati yang melengkapi keluarga.Tapi, tak jarang ada pasangan suami istri yang mengalami kesulitan hamil. Apabila sudah setahun menikah tapi belum hamil, maka kondisi ini disebut sebagai infertilitas. Penyebabnya bervariasi; mulai dari sisi pria seperti sperma yang kurang berkualitas, atau dari sisi wanita seperti penyakit rahim tertentu.Mengenai kondisi Anda, apabila sudah pernah menjalani operasi endometriosis, maka seharusnya masalah tersebut sudah teratasi. Apabila belum berhasil hamil, kemungkinan ada masalah lainnya. Untuk itu, disarankan agar Anda melakukan hubungan intim 2-3 kali per minggu. Upayakan juga melakukan pola hidup sehat bersama suami untuk meningkatkan kualitas sel telur dan sperma, seperti:
  • mengonsumsi makanan bergizi seimbang
  • tidur cukup 7-9 jam per hari
  • melakukan olahraga 3-4 kali per minggu
  • kelola stres dengan baik
Anda juga boleh mengonsumsi suplementasi yang bermanfaat dalam program kehamilan, yaitu asam folat. Lalu, dianjurkan juga untuk berkonsultasi langsung kepada dokter spesialis kandungan dan kebidanan, agar dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap kondisi Anda dan suami. Nantinya, hasil pemeriksaan akan dievaluasi agar dapat diketahui secara pasti, apa kondisi yang menghambat kehamilan tersebut. Kemudian, dokter akan menyarankan terapi yang sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
nutrisi ibu hamilkehamilanmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil