Pernah mengalami kejadian traumatis dan menyebabkan sering mimpi buruk serta gangguan emosional, apakah yang perlu dilakukan?

MA Info Penanya: MA, Wanita, 27 Tahun
Dok. Kalau mengalami seperti trauma karena ditinggalkan pasangan, mendapat tindakan kekerasan fisik&verbal.lalu bullying disaat masih kecil itu muncul lagi saat bermimpi buruk.. apa yang terjadi dok?Seperti gangguan kecemasan depresi dan menangis histeris..Apakah saya perlu ke psikologi ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam MA.

Terimakasih atas pertanyaannya di SehatQ.

Beberapa kejadian kekerasan fisik dan verbal, bullying, atau kejadian traumatis lainnya dapat menyebabkan seseorang mengalami trauma psikis. Kondisi post traumatic stress disorder atau PTSD merupakan salah satu penyakit psikis yang bisa timbul akibat hal tersebut. kondisi lainnya seperti gangguan kecemasan dan depresi juga dapat timbul.

PTSD (post-traumatic stress disorder) atau gangguan stres pascatrauma adalah kondisi kejiwaan yang dipicu oleh kejadian tragis yang pernah dialami atau disaksikan. 

Ketika seseorang sudah mengalami hal seperti itu, penting bagi mereka untuk mencari dukungan baik dari lingkungan, maupun dari profesional medis yang dapat membantu mereka mengatasi rasa trauma tersebut. Janganlah ragu untuk mengonsultasikan kondisi Anda pada psikiater untuk mendapatkan penanganan yang tepat berupa terapi prilaku kognitif yang bisa dikombinasi dengan obat-obatan psikiatri. Selain itu, jangan pernah takut mengungkapkan tindak penindasan yang dialami, terutama pada keluarga dan pihak berwajib.

Hal ini penting untuk menghilangkan budaya penindasan yang sudah mengakar pada lingkungan seseorang. Anda juga harus berusaha berpikir positif dan paling tidak mencari orang lain yang bisa Anda ajak untuk bertukar pikiran sehingga Anda tidak selalu memendam masalah Anda sendirian.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sandy

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kondisi mental anak dapat terganggu apabila menjadi korban bullying

Anak Menjadi Korban Bullying di Sekolah, Apa yang Harus Dilakukan untuk Mengatasinya?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak yang menjadi korban bullying, salah satunya dengan menyampaikan bahwa menjadi korban bullying bukanlah kesalahan anak.