31 Mar 2020, 20:16Penyakit Lainnya

Nyeri tulang, otot, dan sendi, apa berhubungan dengan riwayat jatuh?

NA
Info Penanya: NA, Wanita0
Halo dok. Sy mhsiswi 20 th. Sjk 16 thn, lutut sdh mlai bunyi kl sholat n naik/trn tgga. Bhkn tkdang tb2 betis, tlapak, lgan trasa nyeri pdhl tdk dgrkn. Jri2 kaki tgan jg mlai berbunyi. Punggung jg srg skt n trsa sgt lelah dan tba2 bagian pantat sakit. Saat 13 th, pangggul sy skt 1 stgh blan hgg tdk bs bgun, hny baring sj. Hgg skrg kl terlalu lma ddk panggul skt. Oiya dulu umur 5 th, sy pnh jth dr lt2 ke bordes tgg. Apa ini ada hubungannya dgn keluhan sy? Mohon bantuannya dok. Terimakasih.
31531 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, NA.Manusia memiliki tulang dalam jumlah yang banyak. Tulang-tulang tersebut akan membentuk rangka, yang menyokong postur tubuh manusia. Hubungan tulang yang satu dengan yang lain disebut dengan sendi. Lalu, tulang akan diselimuti oleh otot dan jaringan lemak, yang berfungsi sebagai alat gerak aktif.Terkait kasus Anda, beberapa komponen tulang, otot, dan sendi dalam tubuh Anda terasa nyeri yang berlangsung menahun; yaitu lengan, jari tangan, punggung, panggul, bokong, betis, dan telapak kaki. Anda juga memiliki riwayat trauma fisik, yaitu jatuh dari ketinggian. 

Nah, perlu diketahui, keluhan nyeri dan riwayat jatuh Anda bisa berhubungan ataupun tidak. Berikut kemungkinannya:

  • Cedera saraf yang terjadi pada saat trauma fisik
  • Cedera tulang, otot, atau sendi itu sendiri
  • Melakukan kegiatan berat tanpa pemanasan, seperti olahraga yang melibatkan seluruh bagian tubuh secara rutin
  • Menderita penyakit tertentu, seperti fibromialgia, rhabdomiolisis atau lupus
  • Ion-ion dalam tubuh (elektrolit) yang tidak seimbang
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti antihipertensi
Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis orthopedi. Dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan terkait keluhan Anda dan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan penunjang, seperti radiologi jika diperlukan.Ke depannya, Anda bisa menjaga aktivitas sehari-hari agar tidak terlalu lelah. Jika ingin melakukan olahraga atau kegiatan berat, lakukan pemanasan terlebih dahulu. Selain itu, konsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi serta air putih yang cukup agar keseimbangan elektrolit tubuh senantiasa terjaga.Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga bermanfaat. Salam sehat, 
dr. Sylvia V
masalah tulangnyeri sendimasalah sarafmasalah otot
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil