Apa dampak suntik KB?

NK Info Penanya: NK
Dok,umur saya 29 th saya menikah sdh 8 bulan. 5 hari sebelum menikah saya melakukan kb suntik 1 bulan satu kali karena perintah orang tua. Dampaknya haid saya tidak teratur selama 3 bulan. Skr haid sudah teratur saya melakukan promil secara alami namum belum berhasil. Apakah suntik kb sebelum menikah berbahaya dok dan membuat sulit hamil
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NK,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Suntik KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang biasa digunakan untuk menunda kehamilan. Suntik KB adalah kontrasepsi hormonal yang mengandung hormon progestin, yang serupa dengan hormon alami wanita, yaitu hormon progesteron. Hormon tersebut dapat menghentikan Anda berovulasi. 

Berdasarkan jangka waktu, di Indonesia terdapat dua jenis suntik KB yang paling umum digunakan, yaitu suntik KB 1 bulan dan suntik KB 3 bulan. Suntikan KB 3 bulan mengandung hormon progestin, sementara suntikan KB 1 bulan mengandung kombinasi hormon progestin dan hormon esterogen.

Dibandingkan dengan suntik KB 3 bulan, suntik KB 1 bulan memiliki risiko lebih rendah timbulnya pedarahan yang tidak teratur dan lebih mungkin untuk memiliki periode menstruasi yang teratur. Namun demikian terdapat beberapa kekurangan KB suntik 1 bulan :

  • Timbulnya perdarahan yang tidak normal
  • Sering lupa jadwal suntik karena durasinya yang 1 bulan
  • Menimbulkan pusing dan payudara lebih terasa sensitif atau nyeri
  • Membuat perubahan mood

Menyuntikan KB suntik sebelum menikah membuat hormon di dalam tubuh Anda membuat jadi tidak stabil, saran saya jika Anda ingin program hamil, hentikan menggunakan KB dan makan makanan bergizi, cukupi kebutuhan air putih minimal 2 liter / hari. Jangan lupa untuk konsumsi asam folat. Jika ada pertanyaan lebih lanjut jangan ragu untuk berkonsultasi langsung ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jantung janin akan dicek oleh dokter perinatologi di tiap pemeriksaan prenatal

Kunjungi Dokter Perinatologi untuk Masalah Kehamilan Berisiko Tinggi

Dokter perinatologi khusus menangani kehamilan berisiko tinggi. Selain merawat calon ibu yang mengalami gangguan kesehatan, ia juga bertugas menjaga bayi baru lahir yang mengalami masalah medis.