Perlunya tes mantoux pada bayi

EN Info Penanya: EN
Dears,Saya mau nanya :Bayi usia 6bulan 14hari, sering pilek batuk. Bb 6.2 kg, pnjg 70cm. Apa perlu tes mountox?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi ibu EN,

Dari data yang ada maka berdasarkan kurva berat badan menurut umur didapati status gizi normal tetapi pada kurva berat badan berdasarkan tinggi badan bayi maka didapati gizi kurang. Berat badan pada bayi susah naik dapat disebabkan oleh karena:

  1. Pemberian nutrisi kurang. Bagaimanakah jumlah ASI yang diproduksi ibu? Berapa volume yang masuk ke bayi? Sampai usia 6 bulan bayi tercukupi dengan ASI eksklusif 6x sehari 150 ml tetapi pada usia 6 bulan perlu penambahan MPASI berupa bubur saring, puree, dan lain lain.
  2. Infeksi berulang. Bayi termasuk rentan infeksi dari saluran pernapasan, pencernaan, kulit dll. Ciri infeksi kronis ialah pucat, tidak aktif, demam, diare, dll. Pemeriksaan mantoux membantu menentukan apakah infeksi TBC ada. Selain itu menurut sistem skoring dari IDAI maka perlu ditelaah ada tidaknya kontak dengan orang dewasa penderita TB, batuk, demam, pembesaran kelenjar getah bening, dan perubahan xray paru. Skoring di atas 6 artinya positif TBC.
  3. Kelainan bawaan bayi. Beberapa bayi mempunyai kelainan bawaan metabolisme, sistem pernapasan, sistem jantung dll yang mengakibatkan sulit naik berat badan.

Saya sarankan selain work up tbc di atas, pasien dibawa ke dokter spesialis anak atau dokter umum. Dokter akan memeriksa tanda vital, sistem tubuh, lab darah dan feses, dan xray dada.

Beberapa tips meningkatkan berat badan bayi diantaranya :
  • Istirahat yang cukup
  • Perhatikan pola minum susu nya dan perkenalkan mpasi
  • Jauhkan bayi dari orang yang sedang sakit
  • Kontrol tumbuh kembang anak secara berkala ke dokter dan imunisasi sesuai jadwal

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan mengisap jempol tidak dapat dihilangkan secara instan, melainkan perlahan-lahan

Cara Menghilangkan Kebiasaan Mengisap Jempol pada Anak

Jika kebiasaan mengisap jempol jika dibiarkan akan berdampak buruk bagi perkembangan psikis dan gigi anak. Para ahli di bidang psikologi, pediatrik, dan kedokteran gigi anak menjelaskan bahwa ada beberapa cara menghilangkan kebiasaan mengisap jempol pada anak.