Perlukah saya vaksin hepatitis?

R Info Penanya: R, Wanita, 23 Tahun
selamat siang , dokter saya ingin bertanyabapak saya mengidap diabetes dan hepatitis b ... perlukah saya sekeluarga menjalani vaksin hepatitis ?terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, R

 

Hepatitis B adalah penyakit yang menyerang organ hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis B. Penularan hepatitis B itu bisa dari darah, sperma, atau cairan tubuh lain dari seseorang yang terinfeksi yang memasuki tubuh orang sehat. Selain itu dapat ditularkan juga melalui hubungan seksual, berbagi jarum suntik, atau penularan dari ibu pada bayi saat lahir. 

 

Vaksin hepatitis B sebaiknya dilakukan ya, karena memang sangat penting mengingat mudahnya tertular apalagi adanya keluarga dengan penyakit ini, Anda bisa melakukan vaksin di bulan ke 0, 1 dan ke 6. Anda dapat melakukan vaksin ini di puskesmas atau rumah sakit.

 

Disarankan Anda sekeluarga menjaga kesehatan ya dengan makan makanan bergizi, rajin berolah raga, minum air putih 2L perhari, tidak menggunakan narkoba, tidak merokok, tidak melakukan seks bebas.

 

Semoga sehat selalu

Salam Sehat

dr. Karlina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Titik refleksi tangan tidak hanya terletak di telapak tangan tapi juga terdapat di bagian pergelangan tangan dan tangan bagian atas

Titik Refleksi Tangan untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Titik refleksi tangan sudah diterapkan sejak zaman dahulu untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Pengobatan tradisional ini dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi sembelit, sakit kepala, sampai untuk meringankan masalah pencernaan.