Perlukah orang sehat menggunakan masker untuk hindari corona?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Pagi dok, untuk menghindar dari virus corona yang sedang heboh ini apakah penggunaan masker sudah cukup efektif?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pemakaian masker saat ini semakin banyak akibat sudah semakin menyebarnya virus corona. Banyak orang menggunakan masker ketika bepergian keluar rumah untuk mencegah masuknya kuman (bakteri dan virus) ke dalam saluran pernapasan. Walaupun begitu, ada berbagai jenis masker yang perlu Anda ketahui fungsinya.

Jenis-jenis masker kesehatan terdiri dari:

  • Masker bedah. Masker yang berwarna hijau atau biru dan hanya sekali pakai. Fungsinya untuk mencegah air liur atau batuk mengontaminasi area operasi.
  • Makser kain. Masker ini bisa dipakai berkali-kali dan harus rajin dicuci setelah pemakaian. 
  • Masker kertas sekali pakai. Masker ini berwarna putih dan umumnya kasar.
  • Makser respirator N95. Masker yang mampu menyaring 95% partikel kecil di udara termasuk virus.

Penggunaan masker ini hanya efektif digunakan oleh pasien dengan COVID-19 agar penyakit yang dia derita tidak menular ke orang lain. Selain itu, yang dianjurkan untuk menggunakan masker adalah orang-orang yang mengalami gangguan pernapasan, anggota keluarga yang merawat pasien COVID-19, tenaga medis, orang-orang yang memiliki riwayat bepergian ke wilayah yang terinfeksi COVID-19, dan orang-orang yang memiliki riwayat kontak dengan orang yang positif terkena COVID-19. WHO menganjurkan agar orang-orang yang tidak mengalami gangguan pernapasan (batuk, pilek, bersin), tidak perlu menggunakan masker. 

Walaupun begitu, Anda tetap harus waspada agar tidak terinfeksi virus tersebut. Sebagai langkah pencegahan, Anda dapat melakukan hal berikut ini, yaitu rajin mencuci tangan, menerapkan pola hidup sehat dan bersih, makan makanan yang bergizi, mengurangi aktivitas bepergian ke negara yang terjangkit untuk sementara waktu, dan memeriksakan diri segera jika sudah ada tanda-tanda gangguan pernapasan ke fasilitas kesehatan

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mandi air hangat bermanfaat untuk relaksasi otot dan meredakan stres

5 Manfaat Mandi Air Hangat, Mulai Dari Redakan Flu Hingga Stres

Mandi air hangat dapat dilakukan bukan hanya saat sakit. Manfaatnya pun banyak untuk kesehatan, mulai dari melegakan jalan napas hingga meredakan stres.