17 Jan 2021, 15:33Kepala

Perlukah obat tetes telinga untuk atasi kotoran telinga yang keras?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 30 Tahun
Dokter, kotoran telinga saya keras dan dalam kira-kira obat tetes telinga yang ampuh dan aman apa?
165 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, FF.Obat tetes telinga sangatlah beragam, dan memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung kandungannya. Pada kondisi kotoran telinga keras, atau dalam bahasa medis disebut sebagai cerumen propria, obat tetes telinga yang disarankan adalah obat dengan kandungan asam asetat atau natrium bikarbonat.Mengenai penggunaannya, Anda dapat membaca dosis yang dianjurkan pada kemasan, mengingat setiap merek memiliki dosis yang berbeda-beda. Anda disarankan memosisikan kepala miring ke sisi yang berlawanan dengan telinga yang ingin diteteskan. Misalnya, apabila yang sakit telinga kanan, maka miringkan telinga ke kiri. Lalu, teteskan obat ke dalam telinga, kemudian pertahankan posisi tersebut sekitar 15-30 detik sebelum kembali tegak, sehingga obat dapat meresap dengan baik.

Obat Tetes Telinga Alami

Apabila Anda tidak ingin menggunakan obat-obatan kimia, Anda juga dapat mencoba memilih obat tetes telinga alami, misalnya:
  • minyak zaitun, minyak kelapa, atau baby oil
  • air garam, lebih baik apabila hangat
  • cuka yang dicampur dengan alkohol
Setelah nantinya kotoran berhasil dikeluarkan, sebaiknya Anda menjaga kesehatan telinga agar tidak terjadi masalah yang sama secara berulang. Hindari penggunaan earphone secara berlebihan. Lalu, apabila ingin membersihkan telinga, hati-hati dalam menggunakan cotton bud karena hal tersebut juga merupakan salah satu faktor pemicu yang membuat kotoran telinga terdorong semakin dalam.Untuk informasi lebih lanjut, konsultasikan kepada dokter THT. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kebersihan telingaobstruksi telingatelinga
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil