Perlukah minum suplemen antioksidan?

AA Info Penanya: AA, Pria, 30 Tahun
hallo dok,mau tanya seberapa perlu tubuh kita utk minum suplemen antioksidan?bagaimana kalo hny konsumsi dari sayur ato buah yg mngandung antioksidan saja
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Antioksidan adalah senyawa molekul yang berfungsi untuk melawan radikal bebas dimana bila kadar radikal bebas didalam tubuh ini berlebihan maka akan menyebabkan kerusakan DNA dan menimbulkan penyakit seperti kanker, jantung koroner, diabetes. Antioksidan sendiri dibagi menjadi 2 jenis yakni antioksidan yang larut dalam lemak serta yang larut dalam air, dan keduanya memiliki fungsi masing-masing dan tidak bisa saling menggantikan. Antioksidan ini banyak terkandung didalam sayur dan buah.

Antioksidan ini memang sangat berguna bagi tubuh namun bila kadarnya berlebihan misal akibat penggunaan suplemen antioksidan dengan dosis yang sangat tinggi, malah akan menyebabkan kerusakan DNA itu sendiri. Sehingga sebaiknya lebih memiliki konsumsi sayur dan buah yang memiliki kandungan antioksidan secara alami. Penggunaan suplemen antioksidan lebih ditujukan pada orang dengan keterbatasan dimana tidak dapat mengonsumsi sayur dan buah misal dalam kondisi koma atau sedang menjalani pengobatan tertentu.

Selain memperbanyak konsumsi sayur dan buah, tentunya perlu diiringi dengan pola hidup sehat lainnya seperti rutin berolahraga, minum air putih minimal 2 liter per hari, cukup istirahat, hindari paparan asap rokok, dan kurangi stres.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak hanya mabuk, efek alkohol terhadap tubuh adalah dapat memicu diabetes

Jangan Remehkan 13 Efek Alkohol pada Tubuh Anda Ini

Menyesap alkohol sekali-kali tidaklah masalah, tapi meminumnya secara berlebih dapat menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan. Efek alkohol terhadap tubuh tak boleh diremehkan, karena dapat menyebabkan penyakit jantung, dan berbagai gangguan medis lainnya.