Perlukah gigi susu ditambal?

K Info Penanya: K, Wanita, 4 Tahun
Halo dok, saya ingin bertanya, apakah gigi anak yang berlubang perlu untuk ditambal? Karena gigi anak pada dasarnya masih gigi susu. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu K,

Gigi susu pada anak – anak yang berlubang atau bolong, memang sangat penting untuk ditambal. Hal ini berdasarkan pada 3 alasan penting yaitu :

  • Gigi yang berlubang menimbulkan rasa sakit pada anak. Walaupun terkadang tanpa disadari lubang pada gigi sudah sangat besar dan anak tidak pernah mengeluh sakit. Hal ini tidak menjadi patokan bahwa anak baik – baik saja, karena sebenarnya hanya menunggu waktu saja sampai anak merasa sakit pada giginya.

  • Gigi yang belubang dapat mengganggu pertumbuhan anak. Gigi yang berlubang dan tidak dirawat atau ditambal dapat menjadi abses gigi dan abses gusi. Keadaan sakit gigi dan abses menyebabkan rasa sakit yang sangat pada anak. Lubang pada gigi akan menjadi tempat bertumpuknya sisa makanan dan bakteri, yang akan menambah perasaan sakit ini. Rasa sakit kemudian menyebabkan anak menjadi malas makan dan akhirnya akan mengakibatkan pasokan gizi tidak mencukupi dan menghambat pertumbuhan anak pada akhirnya.

  • Memengaruhi pertumbuhan gigi tetap (Gigi Dewasa). Gigi Susu berfungsi untuk menjaga ruang bagi tumbuhnya Gigi Dewasa. Atau dapat dikatakan bahwa Gigi Susu merupakan panduan untuk tumbuhnya Gigi Dewasa. Infeksi pada gigi susu juga dapat merusak benih Gigi Dewasa yang ada dibawahnya, bila infeksi ini tidak diobati. Jika Gigi Susu yang berlubang dicabut, atau tanggal namun belum ada benih Gigi Dewasa dibawahnya, maka ruangan tempat gigi akan tertutup karena pergeseran gigi di sekitarnya. Sehingga kelak Gigi Dewasa yang akan tumbuh tidak memiliki panduan, akibatnya pertumbuhan Gigi Dewasa dapat menjadi berjejal, tumpang tindih sampai keluar dari lengkungan rahang.

Saran kami sebaiknya Ibu segera mengantar si kecil mengunjungi Dokter Gigi terdekat untuk melakukan konsultasi lebih lanjut.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tambal gigi adalah satu prosedur yang dapat dilakukan dalam penanganan gigi patah

Ternyata Tambal Gigi Bisa Dilakukan untuk Gigi Patah, Bagaimana Prosedurnya?

Gigi patah adalah risiko yang dapat terjadi saat berolahraga. Gigi yang patah membutuhkan penanganan segera karena mempengaruhi keberhasilan prosedur. Tambal gigi patah adalah satu prosedur yang dapat dilakukan dalam penanganan gigi patah.