Perlukah fisioterapi pasca patah tulang

CD Info Penanya: CD
4 thun yg llu sya mnglmi kclkn patah tulang kaki dgn luka terbuka, krn dgingnya tidak ada, tidak di pasang pen. cm di bor dri luar + di pasang pnyangga.. 2thn lalu sudh di lepas.cuman smpai saat ini blm bisa jln.saya bljr jln bisa tnpa alat bntu sktar 1jm bljr. pasca belajar jalan pasti sakitnya minta ampun, dari mulai nyeri,otot kaki terasa kencang,kaki panas,pergelangan kaki sakit.pegal2.yg saya ingin tanyakan.. haruskah saya belajar jalan terus meskipun pasca belajar merasa sakit ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi

Terimakasih sudah bertanya di sehat Q.

Penanganan patah tulang yang dilakukan pada Anda adalah OREF atau Open Reduction External Fixation merupakan metode yang dilakukan bedanya tidak dipasang pen tetapi menggunakan external fixation di luar dan dilepas ketika tulang sudah tersambung. 

Fisioterapi setelah operasi patah tulang pada prinsipnya perlu dijalankan dibawah pengawasan fisioterapis. Tujuannya untuk mengembalikan kekuatan dan fungsi dari bagian yang pernah mengalami trauma. Dimana jika tidak dilakukan latihan dan fisioterapi dapat membuat otot mengecil dan kehilangan fungsinya.

Tapi, bila timbul nyeri yang hebat saat belajar jalan/fisioterapi, sebaiknya berkonsultasi ulang dengan dokter spesialis orthopedi yang melakukan operasi awal.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Maria Ignasia Tjahyadi, M.Kes

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat sinar x untuk mendiagnosa penyakit

Inilah Manfaat Sinar X untuk Pemeriksaan Kesehatan Tubuh

Manfaat sinar x tidak hanya sebatas untuk mengetahui kondisi bagian dalam tubuh. Teknologi ini juga digunakan sebagai metode perawatan penyakit tertentu.