20 Jun 2021, 09:15Penyakit Lainnya

Perlukah cek darah dan antigen sebelum vaksin ?

SR
Info Penanya: SR0
Salam kenal... saya minggu depan akan divaksin Sinovac. apakah perlu medical check up dan test antigen sebelum divaksin ? kalo perlu, apa saja yg harus dicek ? saya ada riwayat hepatitis B 21 tahun yg lalu, dan selama ini tidak pernah kambuh. apakah perlu cek fungsi hati ? penyakit bawaan apa saja yg bisa memperburuk kondisi jika terkena covid.? terimakasih.
839 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo S,Seluruh jenis vaksin, memang idealnya dilakukan pada saat tidak sedang mengalami penyakit tersebut misalnya saat sedang hepatitis maka dilarang untuk ikut vaksin hepatitis. Namun hingga saat ini tidak ada syarat dalam pemberian vaksin Covid19 untuk wajib tes antigen dulu. Meskipun sebenarnya hal ini cukup penting agar orang yang sedang covid namun OTG tidak di vaksin.Jika dengan kesadaran diri, Anda ingin melakukan uji antigen sebelum vaksin maka hal ini sangat bagus dan boleh saja dilakukan. Sedangkan untuk pemeriksaan darah, sebetulnya selama saat ini Anda merasa sehat, cek darah lengkap tidak perlu dilakukan.

Pemeriksaan sebelum vaksin

Beberapa syarat vaksinasi yang wajib di penuhi dapat langsung di klik pada link ini. Jika ingin melakukan pemeriksaan apakah hepatitis masih aktif atau tidak, pemeriksaan yang Anda perlukan adalah pemeriksaan HBsAg. Hepatitis B umumnya bersifat kronis, dan meskipun sudah tidak ada keluhan saat ini memang lebih baik untuk melakukan konsultasi ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu sebelum vaksin.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
hepatitis bcoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil