Pelupa dan sering marah-marah pada usia tua, kenapa?

EK Info Penanya: EK
selamat pagi dok. mau tanya. bapak saya sakit. tapi ketika di bawa ke rumah sakit dan di cek semua normal tidak ada yang menghawatirkan. tetapi yang dirasakan bapak saya itu gemeter di kaki dan tangan. tapi anehnya sekarang marah marah tanpa sebab jadi satu rumah kena itu pun setiap hari. sering ngomong sendiri dan pukul dadanya berkali kali ketika berasa sakit. dan parahnya sekarang kalau marah pinginnya pergi kalau tidak mau bnuh diri. da sekarang jdi pelupa itu kenapa ya dok...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, EK.

Semakin bertambahnya usia seseorang, kondisi fisiologis organ-organ tubuh akan semakin menurun secara alamiah. Seperti misalnya kondisi yang Anda ceritakan tentang ayahanda. Pada saat ini, mungkin ayah Anda sudah tidak tergolong usia muda lagi, dan mulai mengalami penurunan fungsi organ-organ tubuhnya, termasuk otak. 

Pada saat pemeriksaan fisik, hasil memang bisa menunjukkan nilai normal. Walaupun fisiknya normal, bukan berarti kondisi psikologis seperti kognitif juga akan normal, karena fungsi otak juga mengalami penurunan.

Pada orang berusia tua, terutama di atas 65 tahun, lazim terjadi kondisi yang disebut demensia, dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Mudah melupakan sesuatu yang biasanya disadari oleh keluarga dekat
  • Sulit berkomunikasi, memecahkan masalah yang sulit, atau merencanakan sesuatu
  • Gelisah
  • Berperilaku aneh yang tidak biasa
  • Mudah marah

Selain demensia, kondisi ayah Anda juga bisa disebabkan oleh alzheimer, depresi, atau gangguan kecemasan. Untuk memastikan apa yang dialami ayah Anda secara pasti, sebaiknya Anda membawa ayah Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis saraf dan dokter spesialis kejiwaan (psikiater). Dokter akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan menentukan penyebab keluhan tersebut, kemudian memberikan terapi yang sesuai untuk menyembuhkan atau mengurangi gejala (jika tidak bisa dipulihkan). Terapi bisa berupa psikoterapi atau obat-obatan.

Disarankan agar ayah Anda melakukan aktivitas yang merangsang fungsi otak dan menjaga kesehatan secara menyeluruh, seperti:

  • Membaca buku atau media-media yang positif
  • Mengisi teka-teki silang
  • Melakukan kegiatan yang disukai
  • Bergerak aktif secara rutin, seperti jalan kaki pada pagi hari
  • Senantiasa menjaga kesehatan fisik, seperti berat badan, tekanan darah, dan kadar gula ideal

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)