Perlu enggak sih minum air putih saat tidak banyak aktivitas?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 2019 Tahun
Halo, dok... Mohon informasi...Apakah banyak minum air putih itu diperlukan jika kita tidak banyak beraktifitas?Contohnya, jika misalnya apa yg kita lakukan hanya tidur, kerja di depan komputer (di rumah), lalu tidak keluar rumah...Apakah banyak minum air putih tetap diperlukan sementara kita tidak terlalu beraktifitas fisik?Terima kasih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SA.

Idealnya kebutuhan air minum orang dewasa minimal adalah 8 gelas atau 2 L perhari. Tetapi angka ini tentu saja bukan merupakan angka yang pasti sehingga kebutuhan Anda dapat kurang atau melebihi rekomendasi ini.
Kebutuhan air bagi tubuh dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti: aktivitas yang sedang dilakukan, keadaan lingkungan sekitar, sedang mengidap penyakit tertentu dan kondisi kehamilan/menyusui.

Meskipun Anda sedang tidak melakukan aktivitas apapun, namun tubuh tetap memerlukan asupan cairan, karena tubuh akan selalu produksi urine. 
Kenali kebutuhan cairan bagi tubuh seperti minum setiap kali Anda merasa haus. Selain itu, perhatikan warna urin. Jika berwarna putih atau kuning pudar, berarti kebutuhan air Anda telah cukup. Tetapi jika berwarna kuning tua atau lebih gelap, berarti tubuh Anda kekurangan cairan. Sehingga dianjurkan untuk minum lebih banyak.

Semoga bermanfaat. Salam sehat.

dr. Reni Utari

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tak hanya untuk kesehatan fisik, jalan pagi memiliki manfaat untuk kondisi psikologis Anda

Segarnya Manfaat Jalan Pagi Ini Tak Bisa Anda Anggap Remeh

Apabila sedang berusaha memulai hidup sehat, sekadar jalan kaki selama 30 menit di pagi hari, bisa Anda coba. Ada beberapa manfaat jalan pagi untuk tubuh dan psikologis Anda, seperti memberikan suntikan energi, memperbaiki mood, hingga diyakini menurunkan berat badan.