26 Jun 2021, 21:38Kandungan

Perkembangan janin dengan plasenta previa

P
Info Penanya: P0
Dokter, bagaimana perkembangan janin dengan plasenta previa?
86 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam PPlasenta previa adalah kondisi dimana ari-ari (plasenta) berada di bagian bawah rahim yang dapat menutupi seluruh atau sebagian jalan lahir sehingga dapat mengancam kehamilan atau proses kelahiran. Biasanya plasenta previa diketahui saat adanya gejala perdarahan dari jalan lahir pada trimester ke 2 atau ke 3 kehamilan.Ibu hamil bisa tidak merasakan apapun namun terjadi perdarahan secara tiba-tiba saat aktivitas atau setelah berhubungan intim. Kemudian diagnosa ditegakkan saat melakukan pemeriksaan USG.

Penyebab Plasenta Previa

Penyebab terjadinya plasenta previa hingga kini belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor resiko terjadinya plasenta previa. Faktor resikonya yaitu:
  • Merokok atau terapapar asap rokok yang sering
  • Ibu hamil di atas usia 35 tahun
  • Kelainan bentuk rahim
  • Riwayat plasenta previa atau keguguran sebelumnya
  • Kehamilan kembar
  • Kelainan posisi janin
  • Riwayat prosedur operasi pada rahim

Perkembangan Janin Dengan Plasenta Previa

Plasenta berfungsi menyalurkan darah ibu ke janin yang berisi oksigen dan nutrisi pada janin sehingga terjadinya plasenta previa dengan perdarahan dapat membahayakan janin karena kekurangan oksigen dan nutrisi. Pada perdarahan yang ringan, ibu masih bisa melakukan perawatan di rumah dengan banyak tirah baring, menghindari aktivitas berat serta tidak melakukan hubungan intim hingga mendekati waktu kelahiran.Namun pada perdarahan yang berat perlu pemantauan di rumah sakit dan dilakukan usaha penghentian perdarahan. Namun bila darah tetap tidak berhenti maka perlu melakukan kelahiran segera dan ada kemungkinan untuk terjadi kelahiran prematur. Pada kehamilan dibawah 36 minggu akan diberikan kortikosteroid untuk pematangan paru janin.Bila plasenta menutupi sebagian masih ada kemungkinan untuk bisa lahir secara pervaginam atau normal. Namun bila menutupi keseluruhan jalan lahir maka perlu dilaksanakan operasi caesar.Dalam hal ini anda perlu mendiskusikannya dengan dokter kandungan terkait penanganan yang terbaik pada kondisi anda agar janin dan ibu bisa selamat. Sementara itu tetaplah menjaga asupan nutrisi dan air putih yang cukup serta mengendalikan kecemasan agar tidak stres.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
operasi caesarmasalah kehamilanbayi prematurplasenta previaperdarahanplasenta
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil