20 Nov 2020, 22:15Penyakit Lainnya

Anak Terlambat Bicara, Bagaimana Mengetahuinya ?

DN
Info Penanya: DN0
Malam dok: saya mau tanya ni dok, anak saya sudah usia 2th tapi bicaranya nya Belu fasih , seperti bahasa2 planet kata dokter kemaren saya konsultasi tuh, padahal cewrewet nya keluar tapi gk fasih .. Itu gaman ya dok? Terimakasih dok.
274 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang DN,Terimakasih atas pertanyaannya.Beberapa anak memiliki keterlambatan dalam bicara (speech delay) disebabkan beberapa faktor, termasuk pola asuhan orangtuanya. Apakah anak diajarkan untuk melafalkan kata dengan baik atau tidak pada saat mengajak anak berbicara, contohnya "susu" dengan "cucu", "habis" dengan bis". Anak sangat cepat belajar mengikuti setiap gerakan orang tua atau orang-orang disekelilingnya. Namun bisa saja sumber penyebab karena gangguan pada pendengaran atau bagian organ yang digunakan untuk berbicara tidak sempurna.Balita umur 2 tahun pada umumnya baru dapat mengatakan minimal 25 kata secara fasih dan baru dapat menggabungkan 2 kata seperti "susu habis". Selebihnya hanya kata-kata yang terdengar tidak begitu jelas pelafalannya. Pada umur ini juga anak sudah bisa mengenali beberapa warna serta mengenal beberapa teman-temannya.Pada umur ini pula anak lebih aktif menggunakan fisik daripada kata-kata karena itu rentan melakukan tindakan negatif seperti mendorong, berteriak, atau mengamuk. Sebagai orang tua harus mengajarkan anak untuk menggunakan bahasa verbal yang baik apabila menginginkan sesuatu.

Yang perlu dikhawatirkan pada perkembangan anak berdasarkan usianya:

  • 12 bulan, tidak dapat babbling, menunjuk sesuatu
  • 18 bulan, tidak bisa mengucap kata pengulangan seperti mama atau papa tapi hanya ma, pa serta tidak bisa mengikuti minimal 1 instruksi.
  • 2 tahun, tidak dapat menunjuk gambar atau anggota tubuh yang disebutkan, tidak dapat menggabungkan minimal 2 kata, tidak merespon sama sekali baik secara verbal, menganggukkan atau menggelengkan kepala
  • 3 tahun,  tidak bisa memahami dan melakukan instruksi yang diberikan, tidak dapat menggunakan bahasa verbal untuk mengatakan keinginannya.
Ada baiknya untuk ke klinik tumbuh kembang anak atau berkonsultasi kepada dokter spesialis anak untuk dapat dijelaskan bagaimana rehabilitasi pada anak yang mengalami keterlambatan dalam berbicara. Dapat dicari pula apakah penyebabnya berasal dari kognitif atau adakah kelainan anatomi anak yang menghambatnya untuk berbicara.Semoga bermanfaat, Salam sehat,dr. Pany CL
klinik tumbuh kembang anakperkembangan anakgangguan pendengarangangguan koordinasi perkembangan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil