Pertumbuhan anak apakah normal?

SK Info Penanya: SK, Wanita, 35 Tahun
Slmt malm dok,anak sya umur 12 bln bb 7kg tb 64 cm,utk usia sgtu bb n tb sgtu trmsuk dlm kndsi kurang pa gmn ya dok,klo dlm kndsi krg cra mngtasinya gmn ,da vit khusu pa gk spya bb n tb bs naik.utk mkn sm ngemil sich dibilang doyan ya doyan,tp klo nasi agak susah ya dok,kdg jg mau.tp knpa bb sm tb nya susah naik ya.trmskh dok,sy tnggu jwbannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SK,

Tumbuh kembang anak terutama di 1000 hari pertama kehidupan adalah masa yang sangat penting. Tumbuh kembang anak dapat dinilai baik dari pertumbuhan yaitu penilaian fisik baik tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, dan indikator pertumbuhan lain. Sedangkan perkembangan dinilai dari kemampuan baik motorik, sensorik, bahasa dan juga kemampuan sosial anak.

Untuk mengetahui dan memantau tumbuh kembang anak, ibu dapat memanfaatkan program posyandu yang ada di setiap RW disetiap daerahnya. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan untuk menilai tumbuh kembang anak apakah sesuai usianya. Pada pertumbuhan sendiri akan dilakukan pemeriksaan berat badan dan panjang badan anak dan dinilai dari grafik pada kartu menuju sehat. Jika pada grafik didapatkan berada di zona hijau maka pertumbuhan baik. Nantinya akan dilakuakn penilaian apakah berat badan sesuai usia dan panjang badan dengan usia apakah sudah sesuai.

Jika tidak sesuai maka akan dilakukan intervensi baik dengan pemeriksaan lanjutan oleh dokter atau dokter anak dan juga konsultasi dengan ahli gizi, juga bisa dilakukan pemberian makanan tambahan dan suplemen lain seperti susu pertumbuhan untuk mengejar agar pertumbuhan sesuai usia. Jika ada gizi buruk atau stunting maka perlu penanganan lebih dengan perawatan di fasilitas kesehatan secara berkala.

Pada usia 12 bulan normalnya memiliki berat 8,2-9,2 kg pada anak perempuan dan 8,6 -10,5 kg pada anak laki-laki. Untuk panjang badan sendiri di usia 12 bulan rata-rata memiliki panjang 69,9 - 81,5 cm pada anak laki-laki dan 67,7-80,3 cm pada anak perempuan. Meskipun begitu tumbuh kembang setiap anak dapat berbeda, jadi jangan langsung merasa kecil hati jika pertumbuhan dan perkembangan anak berbeda dari anak lainnya. Yang paling utama adalah anak tetap sehat dan bisa memiliki tumbuh kembang sesuai usianya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Membacakan dongeng anak dapat menstimulasi kreativitas Si Kecil

Membacakan Dongeng Anak Memberikan Banyak Manfaat untuk Si Kecil

Dongeng anak dapat memupuk imajinasi dan mengembangkan otak kanan anak. Berikut beberapa dongeng yang dapat dibacakan ke anak.