05 Apr 2021, 19:38Psikologi

Perkataan suami meyakitkan hati, bagaimana solusinya?

JS
Info Penanya: JS0
Dok saya sudah 6 tahun menjalani rumah tangga dan saat ini masih memiliki 1 anak, Setiap kami berbincang dan bercanda tawa suami selalu berperilaku dan berkata kasar sehingga menyakiti perasaan saya. Saya tidak mampu untuk membalas perkataan nya dan saya tak ingin menyakiti perasaan suami saya.tapi yg selalu saya daptkan hanya hinaan dan cacian di dalam hidup saya. Ingin rasa nya memaki kepada nya kemampuan saya tidak ada. Saya hanya bisa pasrah dan berdoa.
77 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, JTerima kasih atas pertanyaan AndaKeharmonisan dalam rumah tangga adalah kondisi yang diidam-idamkan bagi hampir seluruh pasangan suami istri. Adanya kekerasan dalam rumah tangga baik dalam bentuk perbuatan fisik maupun verbal bisa meneyabkan rusaknya hubungan baik antara suami dan istri dan memepengaruhi keharmonisan dalam berumah tangga.Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, kebiasaan suami berprilaku kasar serta berkata kasarn yang dirasa menyakitkan hati Anda, bisa termasuk salah satu kekerasan dalam rumah tangga. Apabila kondisi ini sudah terjadi berulang atau hingga menggangu kesehatan, kemanan seta kegiatan sehari-hari maka keadaan ini perlu dilakukan tindak lanjut.

Adapun beberapa cara untuk mengatasi pasangan yang berlaku kasar dan berkata kasar adalah:

  • Berusaha untuk berpikiranpositif dan berusaha tenang
  • Bicarakan kepada suami, dengan berdiskusi terkait masalah satu sama lain 
  • Berikan waktu untuk saling memenangkan diri
  • Hindari membalas perubatan atau perkataan yang kasar tersebut
Jika beberapa cara tersebut sudah Anda lakukan namun hasilnya masih belum juga membaik, lakukanlah konsultasi dengan psikiater terdekat. Pastikan Anda tetap konsumsi makanan bergizi, berusaha berpikiran positif, hindari kelelahan, melakukan yoga dan olahraga ringan dengan rutin, bercerita kepada keluarga terdekat atau teman terdekat saat sedang ada masalah, dan atasi stres dengan baik.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
masalah kejiwaankekerasanmenjalin hubungan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil