Kenapa saya terlambat haid?

AS Info Penanya: AS
Malam dok.. Sy biasa punya siklus haid yg teratur.. Paling maju mundurnya cm 1 hari,, tp ini periode terakhir sy haid tgl 18 bln 4.. Sudah 47hr yg lalu,, mengira hamil sy coba test tp hasilnya negativ.. Apakah ada yg salah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AS.

Menstruasi atau disebut juga haid, adalah kondisi yang normal terjadi pada wanita mulai dari remaja sampai saat menopause di usia lanjut. Saat haid, akan keluar darah dari liang vagina yang berasal dari luruhnya dinding rahim. Haid akan berulang secara teratur, normalnya setiap 21-35 hari. 

Apabila haid tidak teratur atau mengalami keterlambatan, ada gangguan hormon tubuh yang terjadi. Gangguan hormon ini bisa dipicu oleh beberapa hal, misalnya kehamilan, penggunaan alat kontrasepsi hormonal, stres, kelelahan, olahraga yang berlebihan, PCOS, maupun gangguan tiroid.

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, tindakan Anda melakukan testpack sudah benar untuk memastikan adanya kehamilan atau tidak. Apabila negatif, Anda dapat mencoba mengulang seminggu kemudian. Tetapi, jika masih negatif juga, kemungkinan ada penyebab lainnya seperti yang telah disampaikan sebelumnya.

Oleh karena itu, Anda juga dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk melakukan USG. Nantinya, dokter akan memberikan saran atau obat-obatan agar haid Anda kembali normal, sesuai dengan penyebab kondisi Anda saat ini.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat, 
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai kondisi yang menjadi penyebab nyeri haid

Berbagai Penyebab Nyeri Haid, Mulai dari Kondisi Normal hingga Serius

Apakah nyeri haid termasuk kondisi normal? Apa penyebabnya? Jika Anda sedang haid atau menstruasi, pertanyaan tersebut pasti kerap muncul dalam benak Anda. Temukan jawabannya di artikel berikut.