27 Jun 2021, 21:06Kandungan

Periksa kandungan dan melahirkan menggunakan BPJS

RA
Info Penanya: RA0
Dok saya mau bertanya saya kan berKK dan KTP di kota & provensi A tapi bpjs saya di kota & provensi B krna harus ikut suami yg kerja di kota B, tapi saya rencana ingin melahirkan di kota A ( kota & provensi saya berKK dan ktp ) apakah bpjs dari kota B bisa saya gunakn melahirkan di kota A ?
208 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, R.BPJS merupakan sistem kesehatan yang diatur pemerintah sedemikian rupa untuk memudahkan masyarakat memperoleh fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia. BPJS terdiri atas 3 kelas dengan jenis kamar berbeda tetapi pelayanan tetap sama. BPJS juga dapat dibayar sendiri secara mandiri atau dibantu pemerintah. 

Apakah melahirkan dapat menggunakan BPJS dari kota berbeda ?

Anda yang saat ini tinggal di kota B karena ikut suami berkerja dan rencana ingin melahirkan disana, tetapi kartu BPJS masih terdaftar di kota A, bisa melahirkan dan periksa kehamilan di kota tersebut menggunakan BPJS. Tentunya dengan syarat kartu BPJS dalam keadaan aktif dan tidak ada tunggakan. Anda dapat bertanya secara langsung ke kantor BPJS, mengirim email atau mengunduh aplikasi BPJS untuk melakukan pengecekan kartu.Pilih rumah sakit atau fasilitas kesehatan lain yang berkerja sama dengan BPJS. Bawa semua catatan buku pink selama Anda periksa kehamilan untuk memudahkan dokter melihat perkembangan janin dan kesehatan Anda.Tetap makan makanan bergizi agar Anda dan janin selalu sehat. Tidak lupa pula untuk konsumsi vitamin, olahraga, lakukan senam hamil, senam kegel dan istirahat yang cukup. Lakukan pemeriksaan USG rutin di dokter kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
menjaga kehamilannutrisi ibu hamilbpjs ibu hamil
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil