23 Dec 2020, 14:51Penyakit Lainnya

Cara mengatasi nyeri punggung saat duduk terlalu lama

RN
Info Penanya: RN, Wanita, 21 Tahun
Mau tanya dok. Sya perempuan usia 22 th anak terakhir dri 4 bersaudara dn satu2ny anak yg tinggal sma ortu. Sya sering ke RS untuk bantu kontrol ibu dn bapak sya. Sy lihat ibu2 yg antri di RS pda bisa duduk seharian ya.. Klo sya sendiri yg masih muda, akhir2 ini sering sekali sakit punggung. Bsa dibilang boyakan bru sejam, berhari2 ke RS seminggu 3 kali bikin sy demam, trus demamny turun ditinggal tidur. Demam lagi setelah ngantri, seprt gejala DB sekarang sembuh demamny ganti boyokan lagi
1249 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo R,Saya akan menjawab pertanyaan Anda.Kasih sayang orantua terutama Ibu kepada anak sepanjang masa, tidak ada rasa pamrih dalam mengasuh dan merawat anaknya. Orangtua selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anaknya mulai dari saat mengandung, menyusui, balita, remaja, hingga dewasa. Saat orangtua sudah lanjut usia, maka fungsi tubuh akan menurun menyebabkan banyak penyakit yang datang. Penyakit kronis yang diderita orangtua, membuat orangtua harus terus menerus ke rumah sakit untuk pemeriksaan dan pengobatan. Untuk itu, selalu dampingi orangtua dengan baik demi membalas semua kasih sayang mereka kepada kita.

Penyebab nyeri punggung yang sering dirasakan

Penyebab nyeri punggung yang sering dirasakan antara lain :
  • Kontraksi otot akibat duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang lama. Saat kita berdiam diri dalam posisi tertentu dalam waktu yang lama bahkan berjam-jam, maka otot akan berkontraksi yang menyebabkan terjadinya penumpukan asam laktat. Penumpukan asam laktat ini menyebabkan timbulnya rasa nyeri.
  • Penjepitan saraf yang terus menerus bisa diakibatkan oleh trauma, benturan, posisi duduk, berbaring menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar ke seluruh tubuh, sehingga badan menjadi sakit dan mati rasa atau kesemutan.
  • Cara duduk yang salah dapat menyebabkan nyeri punggung.
  • Pembesaran perut karena kehamilan dapat menarik otot-otot punggung.
  • Penyakit batu ginjal dapat menimbulkan rasa sakit pada pinggang serta menjalar ke punggung secara tiba-tiba.

Cara mengatasi nyeri punggung saat duduk terlalu lama

Cara mengatasi nyeri punggung saat duduk terlalu lama antara lain :
  • Pijat ringan pada punggung, pundak, dan area bokong dapat merelaksasi otot.
  • Kompres hangat pada punggung yang sakit.
  • Duduk dengan posisi yang benar.
  • Jangan duduk atau berdiri dalam posisi lama. Ubah posisi saat telah duduk atau berdiri maksimal dalam 2 jam.
  • Lakukan olahraga di rumah secara teratur dan konsisten.
  • Konsumsi obat nyeri yang berguna juga sebagai obat penurun panas, seperti parasetamol 3x500 tablet dikonsumsi setelah makan jika nyeri dan demam.
Demam yang Anda rasakan dapat dikarenakan kelelahan akibat terlalu lama di RS, kekurangan cairan, maupun karena penyakit yang lain seperti infeksi saluran kemih, infeksi saluran nafas, demam tipus, dan demam berdarah. Jika demam, serta nyeri punggung Anda tidak berkurang walau sudah melakukan cara dan konsumsi obat seperti di atas, segera ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tips olahragapereda nyerinyeri otot
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil