Petting apa menyebabkan kehamilan?

ND Info Penanya: ND, Pria, 22 Tahun
Dok jika saya melakukan petting di bulu kemaluan pasangan dan sperma keluar diarea tsb apakah dapar menyebabkan kehamilan? Mohon jawabannya dok, terima kasih ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ND,

Petting adalah aktivitas seksual dimana penis tidak penetrasi ke dalam vagina, sehingga kemungkinan untuk terjadinya kehamilan lebih kecil, namun bukan berarti tidak mungkin hamil.

Kemungkinan terjadinya kehamilan tergantung aktivitas petting yang Anda lakukan sejauh apa, bila penis bergesekan dengan vagina, dan keluar sperma di sekitar vagina, maka tetap saja ada kemungkinan untuk terjadinya kehamilan, terlebih bila pasangan Anda sedang masa subur.

Jika Anda yakin tidak ada cairan praejakulasi atau sperma yang masuk ke dalam vagina, maka kemungkinannya tidak akan terjadi kehamilan.

Untuk memastikan pasangan Anda sedang hamil atau tidak, pasangan Anda bisa melakukan tes pack 1 minggu setelah terlambat haid. Bila hasilnya samar, maka pemeriksaan kedua bisa diulang dengan jarak 1 minggu setelah tes pack yang pertama untuk konfirmasi hasil.

Namun seringkali meski tidak hamil juga tidak haid karena adanya perasaan stres takut hamil, yang akan mempengaruhi keseimbangan hormon di tubuh.

Bila Anda dan pasangan belum siap memiliki momongan, sebaiknya pasangan Anda menggunakan KB dan Anda tetap menggunakan kondom serta berhubungan seksual di luar masa suburnya untuk memperkecil kemungkinan terjadinya kehamilan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh ND
24 Apr 2020, 15:30
Tidak sampai penetrasi dok, hanya menggesek di area bulu kemaluan. Dan setelah sperma keluar langsung saya lap dgn tissue. Apa hal tsb masih ada kemungkinan untuk hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
24 Apr 2020, 22:12
Malam ND,
Petting yang dilakukan terlebih tanpa pakaian dan ada ejakulasi bisa memiliki memungkinkan terjadinya kehamilan walaupun kecil karena bisa ada sel sperma yang tidak sengaja terbawa masuk.
Jadi perhatikan apabila terlambat haid bisa melakukan pemeriksaan testpack.
Salam sehat,
dr. Adhi P
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Produksi air liur berlebih sering ditemukan pada ibu hamil yang menderita morning sickness

4 Penyebab Air Liur Berlebihan Saat Hamil

Air liur berlebihan saat hamil merupakan hal yang umum terjadi. Kondisi ini terjadi untuk melindungi mulut, gigi, dan tenggorokan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menjaga kebersihan mulut dengan gosok gigi dan menggunakan obat kumur beberapa hari sekali.