19 Sep 2020, 11:44Infeksi

Rapid test, IgM dan IgG, apa maksudnya?

RN
Info Penanya: RN0
selamat siang dok, saya kemarin rapid test dan menunjukan hasil yang sulit di mengerti, ada tabel yg mennujjkan hasil dan nilai rujukan. dimana hasil IgM saya reaktif namun nilai rujukannya non reaktif, IgG saya hasil dan nilai rujukannya nonreaktif keduanya. saya bingung mengartikannya bagaimana, sedangkan untuk pcr saya ga punya cukup biaya. terimakasih dok, mohon dijawab ya.
5263 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, RTerima kasih atas pertanyaan AndaRapid test covid19 adalah suatu pemeriksaan yang dilakukan untuk skrining dengan cara mendeteksi antibodi khusus pada tubuh yang spesifik terhadap virus tertentu (covid19). Terkait dengan pertanyaan Anda nilai rujukan adalah nilai normal yang seharusnya, sedangkan hasil adalah hasil pemeriksaan yang dilakukan pada Anda.Pada sistem imun kita terdapat antibodi yang memiliki peran penting untuk melawan virus / bakteri yang menyebabkan infeksi pada tubuh. Antibodi pada tubuh kita dapat mengenali virus / bakteri tersebut secara spesifik. 

Dua antibodi yang dideteksi oleh pemeriksaan rapid test covid19 yaitu:

  • IgM
    Suatu antibodi yang terbentuk ketika pertama kali tubuh terpapar oleh virus. IgM akan bertahan pada tubuh hingga hari ke 21 - 28 setelah seseorang terinfeksi pertamakali oleh virus. 
  • IgG
    Sauatu antibodi yang terbentuk pada masa lalu (lampau)dimana tubuh sudah pernah terinfeksi oleh virus. IgG muncul sekitar 7-8 hari setelah seseorang terinfeksi dan akan bertahan lebihdari 28 hari pada darah.
Terkait dengan hasil pemeriksaan yang Anda dapatkan IgM anda reaktif yang artinya saat ini ada pada tubuh Anda terbentuk Antibodi terhadap virus covid19. Untuk dapat memastikannya perlu dilakukan swab test (PCR). Hal ini dikarenakan permeriksaan rapid test adalah pemeriksaan skrining, sedangkan swab test merupakan pemeriksaan konfirmasi. Oleh sebab itu segera lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat atau mengunjungi puskesmas terdekat untuk dilakukan swab test. Terkait dengan berbayar atau tidaknya, bisa tanyakan langsung kepada kebijakan daerah setempat.Tetap konsumsi makanan bergizi, gunakan masker, cuci tangan dengan langkah yang benar, dan jaga jarak 1-2 dengan orang lain.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
infeksi saluran pernapasaninfeksi viruscoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil