10 Feb 2021, 22:02Kulit & Kelamin

Perih setelah berhubungan apa penyebabnya?

RM
Info Penanya: RM0
Dok, knapa ya setelah berhubungan terasa sakit dan perih vagina bagian luar bahkan sudah 2 hari masih terasa perihnya. Saya pernah operasi kista, pengangkatan sel telur sebelah kiri, dan kb steril. apa itu juga pengaruh ya dok. Padahal sebelum operasi gak pernah kayak gini rasanya. Terimah kasih atas jwbannya dok...
1063 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi RM,Berhubungan seksual adalah salah satu kebutuhan bagi orang dewasa terlebih bagi pasangan yang sudah menikah untuk menjalin hubungan rumah tangga yang lebih harmonis. Namun adanya keluhan nyeri, keluar darah setelah berhubungan seksual memang perlu diwaspadai karena selain tidak nyaman tentunya perlu dicari tau penyebabnya karena memang tidak wajar.

Penyebab vagina nyeri paska berhubungan seksual:

  • Foreplay yang dilakukan kurang lama sehingga saat gesekan penetrasi penis ke dalam vagina maka vagina mengalami lecet sehingga akan terasa nyeri, perih dan panas setelahnya.
  • Paska operasi organ reproduksi atau penggunaan KB hormonal. Adanya perubahan hormon di dalam tubuh ini seringkali membuat vagina kurang banyak menghasilkan lendir saat berhubungan seksual sehingga pelumas vagina menjadi sedikit.
  • Servisitis.

Yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi vagina perih setelah berhubungan seksual adalah:

  • Kompres atau berendam menggunakan air hangat.
  • Minum paracetamol untuk meredakan nyerinya.
  • Sementara waktu jangan berhubungan seksual dulu sampai keluhannya reda dan beri jeda setidaknya 1-2 minggu baru Anda boleh berhubungan seksual kembali.
  • Gunakan gel pelumas tambahan bila saat berhubungan seksual vagina Anda terasa kering.
  • Banyak minum air putih.
  • Jaga kebersihan kelamin setiap kali selesai berhubungan intim.
Bila hal tersebut terjadi secara terus menerus setiap kali Anda berhubungan seksual, maka lakukan pemeriksaan kembali ke dokter kandungan Anda untuk pemeriksaan lebih lanjut.Salam sehat,dr. Vina
hubungan seksualservisitisvaginitis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil