Merasakan perih saat melakukan hubungan seksual, apakah penyebabnya?

P Info Penanya: P, Wanita
malam dok,saya mau tanya kenapa ya saya kalo setiap sehabis berhubungan intim selalu perih dan panas di bagian vagina,tapi ini setelah saya melahirkan dan anak saya sudah 9 bulan dan selama itu setiap berhubungan selalu perih,sebelum saya melahirkan tidak pernah perih yang mengganggu seperti sekarang,apa ada kaitannya dengan setelah saya melahirkan.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi P

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Hubungan seksual wajar dilakukan oleh pasangan suami istri, baik saat sedang program hamil ataupun dalam kondisi ingin menunda kehamilan dengan menggunakan alat kontrasepsi. Umumnya hubungan seksual ini dilakukan foreplay terlebih dahulu sebelum adanyanya penterasi. Penetrasi adalah masuknya alat kelamin pria (penis) ke dalam alat kelamin wanita (vagina).

Tujuan dari dilakukan foreeplay ini selain untuk meningkatkan gairah seksual, juga agar memberikan pelumas alami pada vagina. Umumnya, saat melakukan hubungan seksual  tidak merasakan nyeri atau sakit yang berlebihan. Namun, pada kondisi tertentu, dapattimbul rasa nyeri saat melakukan hubungan seksual.

Adapun beberapa kondisi yang dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri saat melakukan hubungan seksual adalah:

  • Adanya vaginismus
  • Adanya luka lecet 
  • Adanya jahitan pasca melahirkan
  • Adanya cedera / trama pasca melahirkan
  • Kurangnya pelumas 

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan beberapa penyebabnya, salah satunya bisa karena kondisi yang sudah disebutkan diatas. Selain itu bisa juga karena adanya kondisi medis lain terkait dengan organ reproduksi wanita. Untuk dapat memastikannya, periksakanklah diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Beberapa saran yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa perih saat sedang melakukan hubungan seksual adalah dengan cara melakukan foreplay sebelum melakukan penetrasi saat sedang berhubungan seksual, konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, hindari stres,  lakukan olahraga ringan secara rutin, perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, serta jaga keberisihan diri terutama area kewanitaan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh P
11 Aug 2020, 09:02
terimakasih dr dian memang saya ada bekas jahitan pasca melahirkan,dan kata suami ada juga luka lecet lalu bagaimana mengobatinya ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
12 Aug 2020, 10:02
Selamat pagi, P
Terkait dengan adanya luka, pengobatan dan tindakan yang dilakukan tergantung dari kondisi luka tersebut. Sebaiknya, segera periksakan ke dokter terdekat agar dilakukan penalataksanaan yang sesuai. Beberapa saran yang bisa Anda lakukan sementara adalah menjaga kebersihan luka, menjaga kebersihan area kewanitaa, tetap konsumsi makanan bergizi seimbang.
Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara cepat menyembuhkan luka bukanlah dengan disiram alkohol

Bukan Disiram Alkohol, Ini Cara Cepat Menyembuhkan Luka dengan Benar

Banyak orang beranggapan bahwa cara cepat menyembuhkan luka adalah menyiramnya dengan alkohol. Sayangnya, cara tersebut justru akan memperlama proses penyembuhan.