Perih pada vagina karena apa?

DH Info Penanya: DH
Mau tanya dok, akhir akhir ini vagina saya terasa perih. Apakah itu normal? Atau tanda tanda gejala?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DH,

Perih pada vagina atau nyeri pada vagina bisa timbul karena beragam hal mulai karena adanya iritasi vagina akibat produk perawatan atau karena pembalut, adanya infeksi seperti keputihan, adanya kista, adanya peradangan pada vagina, infeksi menular seksual ataupun karena iritasi akibat hubungan seksual.

Untuk itu perlu diperhatikan ada tidaknya gejala lain yang timbul seperti misalnya adanya keputihan, rasa nyeri saat buang air kecil, nyeri saat berkemih, adanya benjolan di vagina, adanya rasa gatal ataupun keluhan tambahan lain agar membantu dokter mendapatkan informasi agar bisa menentukan apa yang menjadi penyebabnya.

Sementara perlu menghindari apa yang menjadi pemicunya, hindari menggunakan produk perawatan yang bisa menimbulkan rasa perih, jika menstruasi ganti pembalut tiap 3 jam, rutin lakukan perawatan vagina dengan membersihkan kemaluan dengan air hangat dan keringkan hingga bershi, hindari menggunakan sabun pembersih khusus, dan jsegera periksakan pada dokter ataupun dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk memastikan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat keputihan dapat berupa krim jamur, antibiotik, ataupun bahan-bahan alami

Berbagai Jenis Obat Keputihan yang Aman Digunakan

Obat keputihan dapat berupa krim antijamur, antibiotik, maupun bahan-bahan alami yang dipercaya dapat mengurangi keputihan. Obat manakah yang cocok untuk mengatasi masalah Anda?