Pipis bernanah, penyakit apakah itu?

LA Info Penanya: LA, Pria, 19 Tahun
Awalnya sya demam dan sakit tenggorokan, 3 hari setelahnya waktu pipis terasa nyeri, sering juga frekuensi ingin pipis bertambah. Seminggu berlalu tetap sama, sampai pada suatu pagi saya mau pipis, waktu lihat celana dalam kayak basah, dan ada cairan kyk air mani. Apakah itu nanah? Dn menurut dokter penyakit apa yg sy derita, dan apa yg harus sy lakukan dan obat apa yg disarankan untuk sya? Trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, L.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Keluhan yang Anda alami ini kemungkinan merupakan kencing nanah. Kencing nanah dalam bahasa medisnya adalah gonore. Gonore merupakan penyakit infeksi menular seksual yang disebabkan karena bakteri Neisseria gonorrhoeae. Penyakit ini bisa menyerang wanita maupun pria. Pada pria, gejala yang timbul berupa nyeri saat buang air kecil, nyeri pada buah zakar, sakit tenggorokan terus menerus, bengkak dan kemerahan pada lubang penis, keinginan ingin buang air kecil terus menerus, dan terdapat nanah yang menetes dari penis berwarna putih, kuning, krem. Penyakit ini penularannya paling sering adalah dari hubungan seksual melalui mulut, anus, maupun vagina. 

Untuk memastikan apakah gejala yang Anda alami ini adalah penyakit gonore atau bukan, saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit kelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti tes urin dan swab tenggorokan, uretra. Pengobatannya harus dengan pemberian antibiotik. Lalu, gunakan kondom saat berhubungan seks. 

Salam sehat, 

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Vagina Lecet Membuat Aktivitas Terganggu, Apa Penyebabnya?

Vagina merupakan organ intim yang halus dan dapat mengalami luka. Vagina lecet dapat terjadi karena banyak hal, tetapi umumnya disebabkan oleh berhubungan seksual atau melahirkan. Biasanya luka di vagina dapat sembuh dengan sendirinya.