Perhitungan masa subur bagaimana caranya?

N Info Penanya: N, Wanita
Selamat pagi dok.Saya ingin bertanya soal masa subur dok karena saya tidak mengerti perhitungan masa subur. Misal saya datang bulan tanggal 24 April 2020 makanya masa subur saya kapan ya dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Masa subur adalah masa yang perlu diketahui bila Anda ingin mendapat momongan, atau masa yang perlu dihindari bila Anda ingin mencegah kehamilan namun tidak menggunakan KB.

Masa subur adalah masa di mana sel telur dilepaskan, sehingga bila berhubungan seksual di masa ini tentunya akan lebih besar kemungkinannya untuk terjadinya kehamilan. Masa subur ini akan dihitung berdasarkan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) Anda. Dan masa subur ini berlaku bila siklus haid Anda teratur.

Bila HPHT Anda tanggal 24 April 2020, berapa siklus haid Anda? 28 hari sekali atau setiap berapa hari sekali munculnya haid tersebut. Bila dipakai rata-rata siklus haid wanita 28 hari, maka masa ovulasi Anda ada di hari ke-14 dihitung sejak tanggal 24 April 2020 tersebut yakni 8 Mei 2020. Sehingga perkiraan masa subur Anda ada di tanggal 6-10 Mei 2020.

Sehingga Anda dan pasangan perlu berhubungan seksual di rentang tanggal 6-10 Mei 2020. 

Namun bila siklus haid Anda tidak teratur, maka Anda tidak bisa menggunakan perkiraan tersebut.

Anda harus memperhatikan ciri-ciri yang muncul di badan sebagai pertanda masa ovulasi seperti:

  • Suhu tubuh yang akan sedikit lebih meningkat, sehingga Anda perlu mencatat suhu tubuh Anda setiap pagi setiap hari, sehingga bisa dilihat perbedaannya.
  • Keluar cairan bening encer dari vagina, namun keputihan ini tidak berbau atau tidak gatal.
  • Payudara terasa lebih sensitif.
  • Terjadi perubahan emosional.

Bila Anda bingung dan sudah menikah 1 tahun namun belum memiliki momongan, maka seharusnya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh N
10 May 2020, 00:00
Selamat malam dokter.Terima kasih informasi yang dokter beritahukan kepada saya. Siklus haid saya berbeda-beda dok. Cuma dalam 3 bulan ini siklus datang bulan saya 25 hari atau 26 hari dok bukannya 28 hari dok. Jadi saya tetap menghitung siklus masa subur di hari ke 14 ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
10 May 2020, 15:34
Sore N,
Jika siklus tidak 25 hari, bisa menghitung masa subur atau memulai rutin berhubungan seksual dari hari ke 10 atau ke 12 dari hari pertama haid dan rutin berhubungan setiap 2 hari sekali ya.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghitung HPL tanpa ke dokter

Kenali Cara Menghitung HPL untuk Mengetahui Perkiraan Kelahiran Si Kecil

Cara menghitung HPL dapat Anda lakukan dengan mudah dan sederhana dari rumah. Tak selalu akurat, namun ini dapat membantu Anda mempersiapkan persalinan.