Pergeseran lutut pada saat olahraga futsal dan sudah 3 minggu belum bisa berjalan normal masih merasakan nyeri. Mohon solusinya?

WI Info Penanya: WI, Pria, 2019 Tahun
Hallo Dok !! . Nama saya Idris usia saya 39 tahun , saya mengalami pergeseran lutut pada saat berolahraga futsal dan sudah 3 minggu lebih belum bisa berjalan normal masih merasakan nyeri pada bagian lutut saya saat berjalan. mohon solusinya Dok untuk penyembuhannya bagaimana ?? , terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, I

Terima kasih atas pertanyaannya.

Saat kejadian Anda mengetahui lutut bergeser, apakah dilakukan rontgen? Bila dilakukan rontgen apakah tidak disarankan penanganan lutut bergeser seperti pemasangan gips atau tindakan lain? Kemungkinan cedera lutut pada saat main futsal sama dengan cedera atlit sepakbola di liga professional. Bisa selain pergeseran lutut, bisa juga ada robekan ligamen atau sendi lutut. Biasanya jalan tidak nyaman dan suka terdengar bunyi pop saat lutut ditekuk. Seperti saat membuka tutup botol dari minuman ringan.

Beberapa RS di kota besar menyediakan layanan sports medicine. Anda bisa konsultasi dengan Dokter (biasanya Spesialis Orthopedi) dan akan dianjurkan pemeriksaan tambahan seperti MRI untuk melihat jaringan lunak di lutut. Bila rontgen sebelumnya tidak ada tulang yang patah, belum tentu sendi atau otot tidak robek. Dan hal itu hanya bisa dilihat dengan MRI. Anda dapat membaca artikel mengenai dislokasi lutut untuk informasi lebih detil.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bergesernya sendi rahang dari tempatnya pada tulang tengkorak disebut sebagai dislokasi rahang

Rahang Ternyata Juga Bisa Mengalami Dislokasi, Apa Penyebabnya?

Dislokasi rahang adalah keadaan bergesernya sendi rahang dari tempatnya pada tulang tengkorak. 7 penyebab ini yang bisa terjadi pada manusia.