Pergelangan sampai telapak tangan berasa kesemutan saat pagi

A Info Penanya: A, Pria, 8 Tahun
Ass...wr.wb...Seblmnya saya mnta maaf jika saya merepotkan,saya ingin tanya mengapa akhir-akhir ini pergelangan sampai telapak tangan saya setiap bangun pagi selalu berasa kesemutan.Jika saya mengidap penyakit,penyakit apa yg saya derita.Atas bantuannya saya ucapkan banyak trmksh...Wassalam
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A

Tangan yang terasa kaku dan kesemutan saat bangun pagi dapat terjadi akibat masalah peradangan sendi artritis rheumatoid dan masalah saraf seperti carpal tunnel syndrome. 

Pada artritis rheumatoid/ rematik terjadi respon autoimun yang menyebabkan peradangan pada sendi kecil ditubuh termasuk pergelangan telapak dan jari tangan, keluhan paling khas pada artritis rheumatoid adalah tangan terasa kaku saat bangun pagi. 

Kondisi lain yang membuat tangan terasa kesemutan adalah carpal tunnel sindrome, hal ini terjadi akibat penyempitan terowongan carpal di sendi pergelangan tangan, paling sering pada orang yang bekerja menggunakan tangan seperti menjahit, menggosok, menggunakan komputer atau menggunakan alat yang menggetarkan tangan

Saya sarankan agar anda mengkompress tangan dengan air hangat, hindari mengankat beban berat untuk sementara waktu. Saya sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter umum dahulu untuk memastikan apakah perlu di rujuk ke dokter spesialis penyakit dalam jika masalah akibat artritis rheumatoid atau spesialis saraf jika akibat gangguan saraf.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan sistem saraf pusat dapat memicu terjadinya kesemutan di kepala

Jangan Sepelekan Kesemutan di Kepala, Ini Alasannya

Kesemutan di kepala terjadi karena adanya gangguan pada sistem saraf pusat. Penyebabnya adalah stres, migrain, diabetes, stroke, sinusitis dan lainnya.