Pergantian susu formula

V Info Penanya: V
Dok anak saya usianya baru 15hari sebelumnya dirs diberi sufor frisolac dan sekarang ganti jadi sgm , cuma sebagian bagian badannya kayak ruam2 merah gitu , dan kalo setiap habis minum susu suka kaya pengen muntah tp kadang ga keluar cuma mual aja , itu alergi atau gimana ya dok karna sebelum ganti susu ga kaya gitu?dan kalo bikin susu sekali buat 2sendok takar susu itu normal kan dok?terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam V,

Alergi pada bayi adalah kondisi dimana tubuh menganggap adanya bahaya dari bahan atau zat yang masuk pada tubuh salah satunya penggunaan susu formula. Alergi susu formula bisa terjadi pada bayi dimana gejalanya diantaranya adalah:

  • Muncul ruam pada tubuh
  • Sesak
  • Bayi mual dan muntah
  • Timbul gatal di area kulit dan mulut
  • Pembengkakan pada area tubuh seperti bibir, lidah, leher
  • Bisa juga menimbulkan diare, pilek dan perut mengeras

Jika timbul tanda demikian, bisa menandakan bayi tidak cocok atau alergi dengan susu formula yang diberikan. Untuk takaran susu sendiri perlu melihat pada petunjuk yang terdapat pada kemasan susu, karena masing-masing produk bisa berbeda takarannya.

Perhatikan juga cara menyeduh susu formula agar tidak salah terutama mengenai takaran, perhatikan untuk menaruh air sesuai takaran terlebih dahulu baru memasukan bubuk susu agar takaran susu formula tepat.

Jika ruam semakin banyak, pergantian susu dengan yang rendah laktosa ataupun susu tanpa laktosa bisa menjadi pilihan sepeti misalnya mengganti dengan susu soya ataupun susu tanpa laktosa lainnya. Periksakan juga pada dokter anak, untuk memastikan kondisi yang terjadi pada bayi Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bila penyakit kulit eksim kambuh, terdapat beberapa cara mudah untuk mengurangi gejalanya

Terkena Penyakit Kulit Eksim? Begini Cara Mudah Merawatnya di Rumah

Penyakit kulit eksim adalah penyakit yang bisa kambuh sewaktu-waktu. Berikut ini adalah cara perawatan mudah yang bisa dilakukan di rumah untuk meredakan gejala-gejala eksim saat kambuh.