Kapan pergantian perban pasca operasi?

NN Info Penanya: NN, Wanita, 18 Tahun
Malam dok...2 hari lalu saya abis operasi lipoma dibagian lutut nah perawatnya bilang saya harus kontrol lagi 7 hari kemudian...namun saya bingung dok berarti perban nya diganti sama dokternya pas kontrol atau saya bisa ganti dirumah setelah 2 hari operasi?soalnya setau saya perban harus sering diganti...sekian terimakasih banyak dok sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NN,

Lipoma adalah benjolan yang muncul akibat timbunan lemak berlebih. Pada umumnya tidak menimbulkan keluhan, namun bisa juga menimbulkan keluhan seperti mudah pegal atau nyeri bila benjolan menekan saraf yang ada di dekatnya. Benjolan ini hanya bisa dihilangkan dengan cara operasi, tidak bisa menggunakan salep atau obat-obatan.

Perihal kasus Anda setelah selesai menjalani operasi pengangkatan lipoma dan disuruh kontrol 1 minggu kemungkinan, menurut saya selama perban tidak kotor, tidak tampak basah, maka tidak perlu diganti sendiri di rumah, karena ditakutkan bila peralatan dan tangan Anda tidak bersih, malah akan menimbulkan infeksi pada bekas operasi. Namun bila perban tampak ada rembesan darah atau cairan, maka perban bisa diganti dengan kasa steril, namun sebelumnya basuh dengan cairan NaCl dan dilap kering dengan kasa steril baru ditutup dan diplester. Atau bisa juga langsung kontrol le dokter bedahnya.

Bila tidak ada masalah, maka boleh saja kontrol ke dokter bedah 1 minggu setelah operasi untuk ganti perban dan dilihat kondisi lukanya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh NN
20 Feb 2020, 19:32
Terimakasih banyak dokk
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Operasi spina bifida membuat penderita bertahan hidup lama dan lebih berkualitas.

Operasi dalam Rahim, Alternatif Lain untuk Operasi Spina Bifida

Spina bifida adalah cacat lahir yang berisiko infeksi yang tinggi dan kerusakan saraf. Spina bifida tidak dapat disembuhkan, tetapi bisa bertahan hidup lebih lama dengan operasi.