Perempuan usia 22 tahun, sering migrain, berat badan turun drastis, leukosit 20000, gastritis kronis, bagaimana penanganannya?

RM Info Penanya: RM, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, saya perempuan usia 22 thn. Saya sering migrain, berat badan saya menurun dratis hingga 38 kg. Sementara tinggi saya 158 cm. Saya melalukan cek darah lalu hasilnya trombosit saya 860.000 dan leukosit saya 20.000. Akan tetapi tidak ada penanganan serius. Saya juga terkena gastritis kronis. Ke dokter spesialis apakah saya pergi dok ? Lalu penanganan jenis apa yg saya butuhkan ? Trims dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RM

Terima kasih telah bertanya di Forum SehatQ.

Kapan terakhir kali anda menstruasi? Apakah anda telat haid atau menggunakan kontrasepsi? Bila tidak maka dari hasil pemeriksaan laboratorium anda dengan Leukosit 20000 menandakan ada proses infeksi bakteri yang bisa mengakibatkan nyeri kepala seperti migrain, demam serta penurunan berat badan. Metabolisme anda saat ini sedang berusaha melawan infeksinya. Jadi anda perlu istirahat yang cukup, banyak minum cairan dan makan makanan yang bergizi.

Bila anda sudah berobat ke Dokter biasanya akan diberikan antibiotik. Dari mana penyebab infeksinya, memerlukan pemeriksaan lebih lanjut misalnya pemeriksaan urine dan laboratorium darah tambahan. Tergantung dari gejala lainnya mungkin diperlukan juga pemeriksaan rontgen, USG atau CT scan/MRI. Untuk konsultasinya bisa dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam terutama karena anda juga memilki riwayat gastritis. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mencegah migrain dapat dilakukan dengan melakukan penyesuaian terhadap beberapa hal yang menjadi penyebab migrain

Kenali Faktor-faktor Penyebab Migrain yang Perlu Anda Ketahui

Migrain cenderung tidak terlalu serius, tetapi cukup mengganggu aktivitas. Penyebab migrain biasanya berupa terlalu lama di depan komputer, mengonsumsi makanan dan minuman yang menjadi pemicu, suasana yang bising, hingga stres.